5 Strategi Membangun Pondasi Rumah Bertingkat

Mempunyai banyak uangnya pastinya membuat semua orang berkeinginan untuk memiliki rumah impiannya sendiri. Terlebih lagi kini sudah banyak rumah-rumah yang dijual dengan menawarkan berbagai macam keistimewaan. Mempunyai rumah sendiri merupakan hal yang paling menyenangkan, apalagi jika Anda membangunnya sesuai dengan desain keinginan Anda. Rumah minimalis memang sudah lama menjadi idaman, pasalnya rumah ini digadang-gadang sebagai rumah dengan multi-fungsi.

 

Rumah minimalis biasanya bertingkat. Hal itulah yang menjadi keunggulan karena rumah dengan adanya lantai 2 atau 3 memiliki daya tarik sendiri. Memiliki rumah bertingkat mengharuskan Anda lebih memantau pondasi yang nantinya akan menjadi daya topang dari rumah tersebut. Pondasi rumah dapat menguatkan sekaligus mempertahankan massa bangunan. Hal ini dikarenakan pondasi yang kuat dapat membantu bangunan berdiri secara kokoh dan megah.

 

Pondasi merupakan bagian paling penting ketika membangun sebuah rumah terutama rumah bertingkat. Diperlukan strategi khusus untuk membuat sebuah pondasi rumah bertingkat yang kokoh dan tahan lama. Berikut ini adalah 5 macam strategi guna membangun pondasi rumah bertingkat, antara lain:

  1. Mengetahui jenis tanah

Mengetahui jenis tanah dimana pondasi rumah tersebut akan dibangun adalah hal penting. Pasalnya ada beberapa macam pondasi sesuai dengan jenis tanahnya itu sendiri. Sebut saja pondasi batu kali untuk jenis tanah yang keras dan padat. Lainnya adalah pondasi tapak dan pondasi strauss pile yang biasa digunakan untuk pondasi bangunan 2 lantai atau lebih. Pasalnya pondasi strauss pile ini mampu menahan beban bangunan yang berdiri diatas tanah lunak.

  • Menentukan bentuk rumah

Menentukan bentuk rumah menjadi bagian terpenting lainnya. Dengan menentukan bentuk rumah maka akan memudahkan Anda untuk menentukan material apa yang nantinya akan digunakan. Pasalnya semakin besar, luas dan berat rumah bertingkat tersebut maka akan membutuhkan pondasi yang lebih besar dan jauh lebih kuat.

  • ┬áMenentukan pondasi

Untuk menentukan jenis pondasi apa yang nantinya akan digunakan maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis tanah yang akan dibangun pondasi atau rumah nantinya.

  • Menyiapkan bahan-bahan berkualitas

Gunakanlah bahan-bahan yang memang berkualitas baik untuk menghasilkan pondasi atau rumah yang kuat dan kokoh.

  • Membangun pondasi

Bangunlah pondasi sesuai dengan aturan yang ada entah itu menggunakan bahan yang berkualitas ataupun sesuai dengan jenis tanahnya. Pastikan untuk meninjaunya terlebih dahulu guna mengurangi kesalahan yang nantinya akan terjadi. Jika Anda sudah mengikuti strategi yang telah disebutkan maka besar kemungkinan bahwa pondasi yang dibuat akan tahan lama dan bersifat kokoh.

 

Itulah beberapa macam strategi untuk membangun sebuah pondasi rumah bertingkat. Pastikan untuk selalu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *