7 Cara Memilih Kontraktor Sebelum Membangun Rumah

Membangun rumah perlu kehati-hatian, hal ini tak hanya karena sebuah rumah yang telah dibangun akan bertahan dalam waktu yang sangat lama. Sekaligus juga mengingat efisiensi keuangan serta kefektifan penggunaanya.

Tak jarang, orang berpikir untuk menyerahkan proses pembangunan rumahnya pada kontraktor. Ini tentu sah-sah saja, yang terpenting adalah kontraktor yang diserahi proses pembangunan kredibel dan bisa dipercaya. Berikut ada cara memilih kontraktor untuk membangun rumah.

Berikut ada tips untuk memilih kontraktor sebelum membangun rumah, yang bisa diterapkan disaat Anda membutuhkan.

Gunakan Media Masa, Media Sosial Juga Jadi Alternatif

Membangun rumah dengan menggunakan kontraktor haruslah menghasilkan hasil yang jauh lebih baik dibanding bila menggunakan jasa tukang bangunan biasa. Berikut adalah jalan untuk menemukan kontraktor terbaik yang bisa wujudkan mimpi rumah idaman Anda.

  1. Lakukan Penyebaran Informasi Lewat Media

Beritahukan lewat surat kabar atau media lain seperti radio bahwa dibutuhkan kontraktor rumah untuk melakukan pembangunan. Selain itu bisa juga lewat media online, Facebook misalnya lewat grup-grup yang memang dikhususkan untuk properti.

  1. Kumpulkan Penawaran

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan penawaran yang diberikan oleh pihak kontraktor. Kumpulkan dan pelajari baik-baik terutama bandingkan dari segi harga yang bisa diberikan.

  1. Lakukan Survei

Dari tiap-tiap penawaran yang diberikan selanjutnya Anda bisa melakukan survei, tak perlu semua cukup sampling dari penawar terbaik menurut Anda saja yang perlu untuk di survei.

  1. Bukalah Tender

Kirimkan kembali proposal dengan melakukan tender pada kontraktor yang telah dilakukan survei, berikan spesifikasi yang Anda minta dan berapa budgeting yang bisa ditanggung.

  1. Lakukan Pertemuan Dengan Kontraktor Terpilih

Hal ini perlu dilakukan agar bisa menyampaikan maksud sekaligus kemauan Anda secara langsung pada pihak kontraktor yang telah mendapatkan tender, sampaikan semuanya sejelas dan serinci mungkin.

  1. Mintalah Blueprint

Setiap kontraktor biasanya memiliki setidaknya seorang arsitek yang siap untuk memberikan layana dalam hal modeling bangunan. Hasil jadinya adalah berupa cetak biru (blueprint) dari rancangan rumah Anda.

  1. Berikanlah Uang Muka (DP) Biarkan Kontraktor Bekerja

Dalam proses ini maka proses pengerjaan bangunan atau pembangunan rumah Anda jelas sudah resmi berjalan. Anda tinggal melakukan pemantauan saja, untuk selanjutnya pembayaran bisa dilakukan dalam tiga tahapan saat bangunan dalam proses pengerjaan 30 persen, 60 dan saat semua telah rampung.

Memilih kontraktor terbaik, jelas bergantung pada beberapa aspek salah satunya adalah domisili. Di perkotaan bisa ditemukan kontraktor yang baik dengan penawaran harga yang bersaing, sementara untuk daerah pinggiran jelas lain ceritanya. Untuk itu jika akan dilakukan pembangunan rumah di daerah pinggiran ada baiknya untuk tetap menghubungi kontraktor yang sama hanya saja mintalah harga yang lebih bersaing. Semoga membantu, Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *