Agar Cahaya Matahari Masuk ke Dalam Rumah

Sinar matahari banyak memberikan manfaat untuk manusia. Apalagi sinar matahari pada saat pagi hari. Sinar matahari pagi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah sakit. Selain untuk tubuh manusia, sinar matahari juga bermanfaat untuk rumah. Manfaat tersebut antara lain dapat membunuh bakteri, mengusir nyamuk, sumber energy dan sebagainya. Banyaknya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah juga akan memberikan kesegaran tersendiri terhadap rumah tersebut. Oleh karena itu, buatlah rumah yang memudahkan sinar matahari untuk dapat masuk ke setiap ruangan di rumah. Nah, berikut cara yang dapat dilakukan agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.

 

Gunakan Jendela Kaca

Agar cahaya matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah, ada baiknya untuk menggunakan pintu dan jendela di rumah dengan menggunakan material kaca. Material kaca akan dapat memantulkan cahaya, sehingga cahaya matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah.

Atur Penataan Furniture

Furniture memang peralatan yang sangat penting di rumah. Namun sebaiknya aturlah penataan furniture di rumah agar tidak menghalangi cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Penggunaan furniture tembus pandang juga dapat menjadi solusi agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah. Furniture temmbus pandang, biasanya terbuat dari material akrilik. Selain membuat cahaya matahari dapat dengan mudah memasuki rumah, furniture tersebut juga akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

Hindari Gordel Tebal

Penggunaan gorden di dalam rumah tentu akan membuat rumah terlihat lebih indah. Namun sebaiknya hindarilah menggunakan gorden yang terbuat dari bahan tebal atau bahan bludru. Gorden yang berbahan tebal dan berbahan bludru tidak akan dapat tertembus cahaya matahari, sehingga cahaya matahari akan sulit untuk masuk ke dalam rumah. Jika aktivitas di rumah tidak ingin terlihat dari luar, gunakanlah kaca film. Selain dapat menutupi, kaca film juga dapat membuat cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Selain itu penggunaan kaca film juga mampu menghindarkan penghuni rumah dari dampak sinar ultra violet yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Dinding Warna Terang

Gantilah dinding di rumah dengan menggunakan warna yang lebih terang. Cobalah untuk mengganti cat dinding rumah dengan menggunakan warna-warna terang, seperti biru muda, abu-abu muda, krem dan sebagainya. Selain rumah akan terlihat lebih cerah, warna terang pada dinding juga dapat memantulkan cahaya.

Penggunaan Kaca

Kaca merupakan material yang sangat mudah untuk memantulkan cahaya. Apabila di rumah terdapat banyak kaca, maka cahaya matahari akan dengan mudah untuk masuk ke dalam rumah. Tambahkanlah beberapa material yang terbuat dari kaca, seperti cermin atau furniture kaca, agar cahaya dapat dengan mudah dipantulkan kedinding dalam rumah.

 

Banyaknya manfaat yang didapat dengan adanya sinar matahari. Selain dapat menghangatkan tubuh, sinar matahari yang masuk ke dalam rumah juga akan mengurangi penggunaan energi listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *