Cara Bersihkan Wallpaper Rumah Dengan Mudah

Saat ini pemakaian kertas dinding atau wallpaper menjadi pilihan bagi penghuni rumah yang ingin mengganti cat. Selain lebih modern, pemakaian wallpaper dinilai lebih mudah dan terdapat banyak motif yang bisa disesuaikan dengan selera penghuni rumah. Namun tentu saja dalam menggunaan wallpaper ada perawatannya. Berikut ini adalah tips perawatan untuk kertas dinding:

 

Pelajari Jenis Kertas Dinding

Kenalilah kertas dinding sebelum membersihkannya. Beberapa kertas dinding bisa dicuci namun ada yang tidak bisa dicuci. Apabla terdapat lapisan vinyl tipis, itu artinya kertas dinding tersebut bisa dicuci. Cara mencucinya cukup dengan mengelap menggunakan kain basah. Sedangkan kertas dinding yang tidak bisa dicuci, cukup dengan mengelap menggunakan kain bersih karena kertas dinding tersebut lebih sulit dicuci.

Pahami Noda pada Kertas Dinding

Noda yang menempela pada kertas dinding bermacam-macam. Ada yang disebabkan oleh debu, makanan yang tidak sengaja menempel, noda akibat krayon atau stabila, dan juga noda bekas tangan yang sering menyentuh kertas dinding. Noda-noda tersebut perlu diketahui agar bisa dibersihkan sesuai kebutuhan. Jika sudah mengerti apa saja noda yang tertempel, maka tahap selanjutnya adalah membersihkan kertas dinding sesuai kebutuhan. Bagaimana cara membersihkan kertas dinding? Berikut adalah instruksinya:

  1. Lakukanlah hal yang sederhana terlebih dahulu yaitu membersihkan debu dengan menggunakan sikat lembut atau penyedot debu. Pakailah sapu yang dibalut dengan kain untuk menjangkau dinding yang tinggi.
  2. Setelah debu menghilang, bersihkan noda-noda lain seperti bekas krayon, spidol, atau noda-noda lainnya yang menempel. Jika noda sulit dihilangkan, gunakan larutan pengangkat noda. Gunakan air sabun hangat untuk noda seperti minyak yang susah dihilangkan.
  3. Bagian kertas dinding yang bisa dicuci sebaiknya dibersihkan dengan sisa air sabun hangat yang sudah ditambahkan ammonium hidroksida. Lapisan dinding dengan vynil cukup dibersihkan menggunakan cuka, namun berhati-hatilah jangan langsung menyiramnya pada kertas dinding. Gunakan kain sebagai sarana untuk membersihkan. Kertas dinding yang sudah dibersihkan, perlu dibilas hingga bersih kemudian lap dengan air hangat. Gunakan kain bersih yang telah dibasahi air hangat sebagai lapnya. Kemudian, keringkan dengan kain yang lembut.

 

Kertas dinding yang susah dicuci tentu ada penangan sendiri saat membersihkann ya. Misalnya pada wallpaper yang tidak bisa dicuci terdapat noda alat tulis gunakan karet penghapus atau larutan pembersih. Sedangkan jika terdapat noda minyak bisa menggunakan panas setrika atau menggosoknya dengan roti, dengan begitu minyak akan tersamarkan dan perlahan-lahan menghilang. Jika hal itu tidak bisa menghilangkan minyak, gunakan bubuk talc, boraks atau tepung jagung yang dicampur pada sedikit air kemudian oleskan pada noda hingga kering. Jika sudah kering segera gosok perlahan menggunakan kain lembut hingga noda terangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *