lemari kayu

Cara Mengatasi Lemari Rumah Yang Bau dan Lembab

Musim hujan biasanya akan berdampak pada udara yang lembab dan kebanyakan akan membuat furniture seperti lemari mudah berjamur. Lemari dengan keadaan yang tertutup, sangat mudah sekali menjadi sarang jamur dan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dari lemari tersebut. Apabila hal ini dibiarkan tentu saja akan merusak furniture lemari itu sendiri dan berdampak pada pakaian yang ada di dalam lemari. Kelembaban udara dapat menyebabkan bahan pelapis dari kayu mudah berjamur dan akan tumbuh dengan subur jamur tersebut di lemari, sehingga setiap dibersihkan jamur-jamur kerap akan muncul kembali.

Bahan lemari yang terbuat dari kayu dan papan pres dapat sangat mudah sekali ditumbuhi oleh jamur apalagi penempatannya di ruangan yang lembab dan jarang terkena sinar matahari secara langsung. Hal utama  yang harus dilakukan pada saat memiliki lemari baru yaitu melakukan tindakan pencegahan supaya lemari Anda terhindar dari tumbuhnya jamur yang mengakibatkan bau yang tidak sedap dan perubahan warna lemari. Pertumbuhan jamur bukan hanya terjadi pada dinding lemari bagian dalam atau luar, tetapi juga dapat meluas pada pakaian yang ada di dalamnya. Berikut cara yang tepat untuk mengatasi jamur pada lemari pakaian, antara lain :

Cara mengatasi lemari yang bau dan lembab

  • Buka pintu lemari pakaian selama beberapa menit, hal itu berfungsi untuk menghilangkan bau pada lemari yang khas dengan bau lembab pada kayu. Setelah itu nyalakan kipas angin untuk mengusir bau lembabnya. Apabila kamar Anda kurang akan pencahayaan, maka kipas juga berfungsi untuk mengurangi kelembapan di kamar.
  • Pakailah produk penghilang atau penyerap lembab dan bau. Produk tersebut dapat dibeli di toko khusus bahan-bahan mebel atau kayu. Cara memakainya cukup mudah yaitu anda tinggal meletakan didalam lemari pakaian yang terasa lembab. Untuk pertumbuhan jamur dapat menggunakan cairan pelapis yang fungsinya untuk melawan pertumbuhan jamur. Gunakanlah melamin atau pernis yang bening untuk menutupi tempat yang jamur akan tumbuh, dengan cara disemprotkan atau menggunakan kuas pada area yang biasa terkena jamur.
  • Menggunakan kapur tulis atau pewangi lemari pakaian untuk tetap selalu menjaga ke haruman pakaian dan lemari.
  • Memberikan pencahayaan ruangan Anda dengan lampu TL yang merupakan salah satu jenis lampu yang berfungsi untuk mengusir jamur dan memberikan efek sinar ultraviolet.
lemari kayu

lemari kayu

Beberapa cara diatas dapat Anda terapkan pada lemari untuk mencegah dan menghilangkan bau dan jamur karena udara lembab. Lemari yang berbau tentu akan membuat pakaian menjadi tidak enak dipakai, karena pakaian ikut terkena jamur. Oleh karena itu bersihkan lemari pakaian anda secara berkala untuk menghindari jamur tumbuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *