Cara Menghilangkan Minyak Pada Lantai Dapur

Lantai dapur cenderung lebih licin dan berminyak di bandingkan dengan lantai di ruangan rumah yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan dapur merupakan tempat untuk memasak. Banyak orang yang lebih menyukai memasak dengan proses digoreng atau direbus dibandingkan dengan menggunakan oven ataupun microwave. Proses penggorengan tersebut akan membuat minyak akan menetes di lantai dan membuat lantai menjadi licin.

 

Lantai yang licin akibat terkena minyak biasanya membandel atau susah dihilangkan. Meskipun Anda sudah mengepel lantai tersebut, minyak belum bisa hilang. Minyak yang menempel di lantai akan membuat lantai menjadi kusam dan akan mengundang hama seperti kecoa, tikus, dan lainnya. Hal itu akan membuat dapur di rumah Anda menjadi tidak sehat lagi dan terlihat kotor. Anda tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada lantai dapur di rumah. Nah agar lantai di dapur rumah Anda dapat mengkilat kembali, berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan lantai dapur, diantaranya :

Seraplah Minyak pada Lantai

Untuk dapat menyerap minyak di lantai dapur, Anda dapat menggunakan tisu karena tisu memiliki kemampuan untuk menyerap minyak. Namun jika minyak di lantai dapur cenderung banyak, pakailah koran bekas agar Anda tidak terlalu memboros tisu. Koran bekas juga dapat gunakan untuk menyerap minyak. Anda hanya perlu mengelap semua lantai di dapur sampai minyaknya berpindah ke kertas koran.

Taburkan Garam

Agar lantai di dapur tidak licin, Anda dapat menaburkan garam atau tepung terigu di atas lantai dapur yang licin. Garam dan tepung terigu dapat menyerap sisa-sisa minyak yang menempel di lantai dapur. Setelah menaburkan lantai dengan garam atau tepung terigu, bersihkan lantai dapur menggunakan kertas koran.

Gunakan Sabun Pencuci Piring

Selain dapat menghilangkan minyak yang ada di piring, ternyata sabun pencuci piring juga dapat membersihkan minyak di permukaan lantai yang licin. Cara membersihkannya juga sangat mudah. Anda cukup menyampurkan satu sendok teh sabun pencuci piring dengan air hangat, lalu usapkan cairan tersebut pada lantai yang licin dengan menggunakan spons lembut. Jika sudah rata, bilas lantai dengan kain basah yang dicelupkan pada air hangat. Air hangat dapat mengangkat minyak terutama yang ada di lantai.

Mengepel Seperti Biasa

Jika Anda sudah melakukan hal-hal di atas, barulah Anda dapat mengepel lantai dapur dengan cairan pel seperti biasanya. Diamkan lantai yang sudah di pel sampai kering, lalu sapu lantai agar sisa makanan atau remah-remah yang ada di lantai bersih kembali.

 

Demikian pembahasan mengenai cara menghilangkan sisa-sisa minyak yang menempel di lantai dapur rumah Anda. Segera pilihlah satu cara untuk membersihkan, ini sangat penting untuk kesehatan keluarga Anda. Semoga info tersebut bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *