rumah ramah lingkungan

Cara Menjadikan Rumah Ramah Lingkungan

Membangun rumah yang ramah lingkungan tentu memberikan banyak keuntungan dan dampak yang positif. Selain cukup baik untuk penghematan energi, rumah dengan konsep ramah lingkungan juga dapat membantu mengurangi pemanasan global. Pemanasan global merupakan salah satu masalah yang sangat umum dihadapi sekarang ini.

Semakin meningkatnya pemicu pemanasan global, maka dapat menyebabkan kerusakan yang cukup berarti bagi alam semesta ini. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh setiap manusia untuk bisa membantu menyelamatkan bumi dari kehancuran. Melakukan penyelamatan pada bumi dapat dimulai dari hal kecil termasuk di dalam rumah yang ramah lingkungan. Berikut beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjadikan rumah ramah lingkungan, antara lain :

rumah ramah lingkungan

rumah ramah lingkungan

Mengganti bola lampu dengan CFL

Compact Fluorescent Lamp atu CFL yang lebih dikenal dengan lampu neon, dapat digunakan menjadi salah satu cara untuk menghemat energi. CFL ini dapat menyimpan lebih banyak energi dibandingkan dengan bola lampu yang biasanya.

Menggunakan bambu

Anda dapat menggunakan bambu sebagai lantai rumah, karena pohon bambu dapat tumbuh dengan cepat sehingga memanfaatkannya menjadi furniture rumah akan menjadi lebih ramah lingkungan.

Menyembunyikan kulkas

Jangan menyimpan kulkas Anda di tempat yang mudah terjangkau oleh sinar matahari, karena hal itu akan membuat kulkas membutuhkan lebih banyak energi untuk menjaganya supaya tetap dingin.

Memperbanyak ventilasi di rumah

Desainlah rumah dengan memperbanyak bukaan seperti ventilasi jendela, sehingga sinar matahari dapat masuk ke ruangan dan juga ventilasi akan dapat berjalan dengan baik. Kedua hal ini tentu jasa bisa menjadikan rumah terasa lebih segar. Anda juga dapat mengurangi penggunaan Air Conditioner sehingga menghemat biaya listrik.

Berkebun di rumah

Menanam tanaman di dalam pot dan meletakkannya di sudut ruangan akan membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk dan juga nyaman. Ada beberapa tanaman yang mudah untuk Anda rawat dan dapat langsung dikonsumsi seperti bayam, kol, dan lain sebagainya.

Menggunakan material organik

Material yang biasa digunakan dalam pembangunan ternyata juga mempunyai pengaruh pada ketahanan hunian. Menggunakan material yang berbahan organik atau berasal dari alam biasanya dapat membuat bangunan tahan lebih lama. Anda juga bisa menggunakan bahan bekas selama bahan tersebut masih layak untuk digunakan.

Menghindari bahan berkarbon tinggi

Jangan sembarangan dalam menggunakan material untuk membangun rumah Anda. Material yang belum berstandar green material biasanya akan mempunyai karbon yang tinggi dan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar.

Membiasakan diri Anda untuk memulai hidup yang ramah lingkungan. Hal ini bisa dilakukan contohnya seperti menanam sendiri sayuran dan buah di halaman rumah untuk konsumsi sendiri, memasang biopori, mengumpulkan sampah organik rumah tangga dan mengolahnya menjadi pupuk kompos. Beberapa hal di atas dapat diterapkan untuk menciptakan suasana rumah yang ramah lingkungan.

1 Comment
  1. 4 months ago
    Michelle Sewa Gudang Tangerang

    Terima kasih untuk artikelnya. Memang pada jaman sekarang harus banyak menanam tumbuhan dan pepohonan di halaman rumah.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *