Cara Mudah Membersihkan Noda Di Dinding

Dinding rumah adalah bagian rumah yang paling terekspose. Baik dari segi tampilan maupun kontak dengan benda serta lingkungan bahkan cuaca, dinding rumah jelas adalah bagian yang paling kentara bila kotor. Dinding rumah yang kotor tentu menjadikan tampilan properti yang dimiliki menjadi kurang nyaman dipandang, jelas ini dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi siapa saja yang tinggal.

Salah satu hal yang paling sering dilakukan untuk menangulangi dinding rumah yang kotor tentu saja menganti dengan cat baru. Alih-alih menjadikan dinding tampak lebih indah, menganti cat tentu menjadikan pemikiran tambahan dalam hal pengeluaran untuk membeli bahan serta segala hal yang terkait dengannya. Oleh karena itu mencari cara untuk membersihkan noda di dinding bisa jadi alternatif lain. Artikel kali ini hadirkan ulasan singkatnya.

Kenali Tipe Cat, Jenis Noda dan Lama Waktu Juga Musti Diperhatikan

Noda yang menempel di dinding biasanya memberikan beragam efek, semua tergantung dari jenis noda, jenis cat serta kapan noda tersebut ada. Setiap jenis butuh penanganan tersendiri. Berikut adalah cara mengatasi sesuai dengan jenis noda serta cat yang digunakan.

  1. 4 Tipe, Ketahui Yang Mana Tipe Cat Dinding Yang Terkena Noda

Setiap jenis cat dinding dibuat untuk keperluan yang berbeda, baik untuk dalam maupun luar ruangan. Ada setidaknya empat tipe cat dinding, masing-masing perlu perlakuan tersendiri sebagai solusi untuk menghilangkan noda. Cat tipe eggshel misalnya, cat ini punya tekstur layaknya kulit telur, cat ini mudah dibersihakan biasa dipakai untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Sementara tipe cat matte atau doff yang daya resapnya tinggi bisa jadi solusi untuk luar ruangan tipe cat ini juga mudah dibersihkan.

Selain dua tipe cat tersebut masih ada tipe cat satin yang menempel namun tak memberikan efek kilap, namun demikian cat ini mudah dibersihkan. Cat dengan tipe satin sangat cocok untuk kamar tidur. Sementara itu masih ada tipe cat glossy yang memberikan efek kilauan pada permukaan dinding yang dicat menggunakan tipe ini, karena untuk luar ruangan cat ini memang sangat mudah untuk dibersihakan namun sedikit tidak pas untuk penggunaan indoor.

  1. Ketahui Kapan Noda Tersebut Ada, Tak Semua Jenis Noda Bisa Dibersihkan Dengan Mudah

Jenis noda yang menempel pada dinding serta luasan permukaan yang terkena juga perlu untuk diperhatikan. Ini tentu untuk menentukan cara serta larutan pembersih yang pas. Beberapa noda seperti noda bekas makanan akan sangat mudah dibersihkan bila baru saja terjadi, sementara untuk beberapa noda seperti coretan pulpen atau spidol akan sangat susah untuk dibersihkan. Salah satu larutan yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membersihkan adalah campuran maizena dan baking soda.

 

Ketelatenan sangat diperlukan dalam proses membersihkan noda di dinding. Tak jarang ada noda yang membandel dan sangat  susah untuk dibersihkan. Sementara beberapa jenis noda bahkan bisa dibersihkan dengan larutan pencuci piring biasa. Semua tentu tergantung pada tingkat kekotoran, lamanya serta tipe cat sebagaimana yang diulas diatas. Semoga bermanfaat. Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *