Desain Ruang Tamu Agar Nyaman Mengesankan

Desain ruang tamu sudah dikenal akan mencirikan karakter si pemilik rumah. Bagian interior rumah yang pertama kali dijumpai oleh para tamu ini biasanya selalu dimaksimalkan oleh si pemilik rumah. Jika desain ruang tamu sangat cantik dan membuat nyaman, tentu tamu akan terus mengenang suasana rumah tersebut dan senang berkunjung ke rumah kita.

 

Untuk mereka yang memiliki ruang tamu luas tentu akan sangat mudah untuk mendekorasinya sedemikian rupa karena memiliki area yang luas. Desain ruang tamu seperti apapun tentu tidak akan jadi soal. Namun, bagi mereka yang memiliki ruang tamu yang sempit dan kecil, hal ini menjadi problem tertentu bagaimana cara memaksimalkannya. Butuh upaya untuk mengemas sebuah ruangan kecil agar tampil cantik dan bisa mengesankan. Tetapi tahukah Anda bahwa ruang tamu yang kecil sebenarnya memberi kemudahan untuk diatur sedemikian rupa?

 

Agar kita bisa mendapatkan desain ruang tamu terbaik, ada beberapa hal yang mesti kita ingat sebelum dan ketika merancang ruang tamu idaman di rumah kita:

1. Kita harus memerhatikan luas ruang tamu. Jika ruang tamu kita sempit maka usahakan agar jangan ada banyak furnitur di dalamnya sehingga tidak menyebabkan ruangan menjadi semakin sempit. Kita bisa memilih sofa yang simpel dan tidak bercorak, kemudian kita bisa menaruh meja sudut di sudut ruangan sebagai tempat menaruh perhiasan dan vas bungan sebagai hiasan ruangan tamu kita. Jika ruang tamu luas maka kita bisa mendesain ruang tamu sesuai dengan selera kita apakah dengan gaya minimalis modern, tradisional atau mewah.

2. Sirkulasi udara di ruang tamu sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu pertukaran udara di dalam ruang tamu harus cukup. Bagaimanapun mewahnya desain ruang tamu yang kita miliki, jika tidak ada sirkulasi udara yang cukup dan pengap tentu akan membuat tamu menjadi tidak nyaman dan merasa tidak sehat. Supaya tamu betah berlama-lama di ruang tamu maka kita bisa menambahkan kesan natural pada desain ruang tamu kita.

 

Tips desain ruang tamu berikut ini juga akan membantu kita untuk memilah-milah furnitur / komponen mana yang mesti ada di ruang tamu atau tidak:

1. Sofa adalah bagian penting dari komponen ruang tamu. Memang ada juga ruang tamu yang didesain tanpa sofa, hanya duduk secara natural atau melantai di ruang tamu. Namun bagi mereka pecinta interior ruang tamu makan sofa merupakan sesuatu yang wajib. Ketika memilih sofa untuk ruang tamu, pilihlah sofa dengan bahan lembut dan tidak keras dan sakit serta tidak berbau tidak sedap agar tamu bisa nyaman duduk. Selain kualitas sofa yang kita miliki, kesesuai warna antara sofa, furnitur lainnya serta tema ruangan sendiri pun harus cocok.

2. Komponen utama lainnya dalam ruang tamu adalah meja. Umumnya, meja memang sudah sepaket dengan sofa yang kita beli. Untuk meja sudut sebagai tempat hiasan, kita bisa memilih warna turunan dari sofa.

3. Hiasan dinding pada ruangan pun akan mempercantik ruangan. Jika ruangan kosong melompong juga akan membuat bosan tamu, oleh karena itu silakan tambahkan hiasan seperti lukisan atau foto di ruang tamu.

 

Desain ruang tamu tidak perlu ribet yang penting kita sudah menentukan tema ruang tamu. Selain itu, pikirkan agar ruang tamu tidak menjadi penuh dengan barang-barang yang sebenarnya tidak perlu. Pun ruang tamu tidak terlalu kosong agar tamu bahkan kita sendiri tidak menjadi bosan. Seimbang! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *