denah ruang tamu

Desain Ruang Tamu yang Nyaman

Memiliki desain ruang tamu yang nyaman tentu menjadi impian siapapun tak peduli bagaimanapun bentuk rumah yang dimiliki. Namun untuk mendapatkan ruang tamu yang nyaman dan sesuai keinginan juga harus menyesuaikan dengan berbagai faktor yang salah satunya adalah masalah desain rumah itu sendiri. Dengan begitu, desain bisa terlihat lebih selaras.

Untuk menciptakan desain ruang tamu, kenyamanan tamu bukanlah satu-satunya patokan utama. Kenyamanan pemilik rumah pun harus diperhitungkan. Oleh karena itu, untuk urusan selera tentunya harus disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah karena jika menyesuaikan keinginan tamu tentunya akan sulit. Ruang tamu tidak perlu besar namun kenyamanan yang diutamakan.

denah ruang tamu

denah ruang tamu

Desain Ruang Tamu yang Nyaman

Ini dia beberapa tips dalam menciptakan desain ruang tamu yang nyaman.

– Ukuran atau luas

Untuk luas ruang tamu bisa disesuaikan dengan luas rumah. Jika tidak memungkinkan untuk memiliki ruang tamu yang luas, maka ruang yang sempit pun masih bisa digunakan untuk ruang tamu.

– Posisi

Sebaiknya ambil ruang paling depan untuk dijadikan ruang tamu. Selain lebih nyaman bagi tamu yang datang, hal ini juga memberikan kenyamanan bagi pemilik rumah untuk bisa lebih menjaga privasinya.

– Warna

Untuk pemilihan warna bisa disesuaikan dengan mood rumah secara keseluruhan. Namun untuk menimbulkan kesan nyaman, sebaiknya hindari warna-warna gelap. Sebaliknya, pilihlah warna-warna cerah yang teduh seperti putih, hijau, pink, biru, dan lainnya.

– Furniture

Memilih furniture untuk ruang tamu harus dilakukan dengan bijak dan teliti. Pilihlah furniture yang tidak menghabiskan ruangan terlebih jika ruang tamu yang ada sudah cukup sempit. Untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas, pilihlah meja yang terbuat dari kaca sehingga tembus pandang.

– Furniture unik

Daripada memilih furniture yang terkesan besar dan menghabiskan ruangan, akan lebih baik jika memilih furniture yang memiliki desain unik. Sehingga tamu akan lebih fokus pada keunikannya ketimbang dengan sempitnya ruangan.

Pelengkap Desain Ruang Tamu yang Nyaman

Untuk melengkapi desain yang ciamik dan nyaman pada ruang tamu, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal dibawah ini:

  • Memajang lukisan sebagai focal point dapat menambah keindahan ruang tamu.
  • Hindari sekat atau pembatas baik yang berupa tembok ataupun lemari yang terlalu besar agar ruangan terlihat lebih luas dan nyaman.
  • Jendela yang berukuran besar dapat memberikan tata pencahayaan yang lebih baik dan menciptakan ilusi ruangan lebih luas.

Itulah beberapa tips untuk menciptakan ruang tamu yang nyaman meskipun tidak dalam bentuk yang luas. Ruang tamu memang harus di desain sedemikian rupa karena tidak hanya melibatkan kenyamanan pemilik rumah tetapi para tamu yang datang. Maka desain ruang tamu harus dirancang sedetail mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *