Hal Terpenting Sebelum Mengajukan KPR Rumah

Rumah merupakan kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang untuk memenuhi kebutuhan yang layak. Memilih rumah juga harus dipertimbangkan secara matang, agar saat berada di rumah dapat merasa nyaman dan aman. Memiliki rumah impian sangat membutuhkan biaya yang cukup besar. Jika tidak cukup biaya untuk memiliki rumah impian, dapat dilakukan dengan cara mengkreditnya menggunakan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Saat ini KPR menjadi cara yang sering digunakan oleh masyarakat agar mendapatkan rumah yang diidamkan. Berbagai kelebihan yang diberikan oleh KPR menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk memilih mengambil KPR. Namun sebaiknya sebelum mengambil KPR perlu pertimbangan tersendiri agar tidak menyesal nantinya. Nah, berikut beberapa pertimbangan penting yang dapat dilakukan sebelum mengajukan mengambil KPR, antara lain :

 

Menyiapkan Dana

Dana menjadi hal penting yang harus dipersiapkan sebelum memilih untuk mengajukan KPR. Kenalilah terlebih dahulu kondisi keuangan yang dimiliki dan sesuaikan dengan harga rumah yang diimpikan. Biasanya dana yang harus dipersiapkan yaitu berkisar antara 20 sampai 30 persen dari harga rumah yang ada.

Sesuaikan dengan Gaji

Memiliki rumah impian tentu menjadi idaman bagi setipa orang. Namun sebelum memlikii rumah yang diinginkan, sebaiknya sesuaikanlah dengan gaji yang dimiliki. Perhitungkan dengan baik biaya yang akan dikeluarkan setiap bulannya untuk membayar cicilan KPR dan untuk kebutuhan sehari-hari. Pilihlah rumah yang sesuai dengan batas kemampuan finansial yang dimiliki, agar pembayarannya dapat dilakukan dengan lancar tanpa mengurangi biaya kebutuhan sehari-hari.

Memilih Suku Bunga

Jika ingin mengajukan KPR, tentu akan akan perhitungan suku bunga yang harus dibayarkan. Sebaiknya jangan mudah tergoda dengan suku bunga rendah. Carilah berbagai informasi mengenai suku bunga yang ada dalam KPR. Periksa kelebihan dan kekurangan dari suku bunga tersebut agar dapat memilih suku bunga yang sesuai dengan kemampuan.

Pajak Rumah

Setiap bangunan tentu memiliki biaya pajak yang harus dibayarkan. Terlebih lagi untuk rumah yang harus membayar paja bumi dan bangunan. Jika rumah sudah didapatkan dengan bantuan KPR, hal lain yang harus diperhatikan adalah mengenai pembayaran pajak. PBB biasanya akan dibayarkan setiap tahunnya dengan besaran yang terutang akan diperoleh dari perkalian tariff dengan nilai jual kena pajak (NJKP).

Jangka Waktu Cicilan

Membeli rumah dengan menggunakan KPR, tentu harus membayar biaya cicilan tiap bulannya. Biasanya KPR akan memberikan jangka waktu cicilan berupa jangka waktu panjang dan jangka waktu pendek. Pilihlah jangka waktu cicilan yang sesuai dengan keadaan keuangan yang dimiliki.

 

Adanya KPR tentu akan memberikan kemudahan untuk mendapatkan rumah yang diimpikan. Namun sebelum memutuskan untuk mengajukan KPR, pertimbangkanlah terlebih dahulu beberapa hal yang penting dalam sistem KPR. Jangan sampai terburu-buru dalam mengambil keputusan, karena hal tersebut akan berakibat buruk kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *