furniture kayu

Hal Yang Harus Anda Lakukan Agar Furniture Dari Kayu Awet

Furniture dari kayu jelas tampak lebih indah dan elegan dipandang mata. Selain itu kesan mewah dan anggun juga akan muncul jika kita menggunakan perabotan kayu sebagai pilihan furniture di rumah kita.

Sebagai contoh, sofa yang mewah mungkin sangat nyaman dan indah dipandang mata. Akan tetapi kebanyakan rumah-rumah orang terkenal, bahkan hingga istana kepresidenan sendiri masih mempertahankan furniture kayu sebagai bagian dari kelengkapan ruangan.

Namun dibalik keindahan dan kemewahan furniture dari kayu ada hal lain yang harus diperhatikan dengan seksama. Yaitu tentu saja terkait dengan perawatannya agar furniture kayu yang kita miliki tak mudah lusuh dan bahkan rusak karena perlakuan dan perawatan yang salah.

furniture kayu

furniture kayu

Mengingat tentang tingginya harga furniture kayu dipasaran, ada baiknya Anda untuk mulai memperhatikan perawatan furniture kayu di rumah. Berikut artikel kali ini punya rangkuman informasinya.

Berikan Tatakan Di Bagian Bawah, Berhati-hatilah Saat Memindahkan

Beragam hal bisa dilakukan sebagai bagian dari cara merawat furniture kayu. Rangkuman berikut bisa jadi inspirasi agar furniture kayu dirumah tetap awet dan terawat.

  1. Hindari Benturan, Angkat Saat Memindahkan

Lapisan plitur kayu sebenarnya rentan dari goresan yang bisa membuatnya tampak kusam. Padahal keindahan furnitur kayu timbul dari lapisan plitur yang berkilauan. Hindari goresan atau benturan agar jangan sampai merusaknya.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah saat memindahkan plitur kayu. Angkat di bagian yang kuat, memindahkan furniture kayu dengan cara menyeretnya bisa jadi akan melemahkan bagian kaki-kakinya sehingga mempercepat kemungkinan patah atau rusak.

  1. Cuka Putih Bisa Mengkilapkan, Hindarkan Terpapar Sinar Matahari

Seperti dikemukakan pada tips no 1, keindahan furniture kayu muncul dari plitur yang mengkilap dan berkilau. Salah satu hal yang bisa dgunakan untuk merawat plitur dari furniture kayu adalah cuka putih. Caranya mudah saja, pilih lap bersih, yang kering dan lembut, berikah cuka putih pada bagian lap kain. Selanjutnya tinggal diusapkan pada bagian furniture kayu seperti yang diinginkan. Untuk hasil yang lebih maksimal, bisa dilakukan dengan lap bersih yang lembut dan kering.

Tak hanya itu, hal lain yang harus diketahui sebagai bagian dari cara merawat furniture kayu adalah, jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Setidaknya jangan meletakkan furniture kayu di bagian rumah dimana sinar matahari bisa menerobos secara langsung, biasanya di bagian teras, atau dekat jendela kaca besar.

Keindahan furniture kayu sebagai bagian dari perabotan rumah, memang bisa mengundang kekaguman tersendiri terlebih bagi para tamu yang berkunjung. Dan agar keindahan tersebut berlangsung dalam waktu yang lama. Merawat sekaligus menjaga furniture kayu yang dimiliki jelas butuh perhatian dan ketelatenan tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *