Harga borongan bangun rumah per m2 di Jakarta

Membangun rumah yang bagus memerlukan tenaga ahli dalam hal pelaksanaan pembangunan sehingga bisa terwujud rumah terbaik, tenaga ini biasa disebut kontraktor yaitu suatu badan usaha atau perorangan yang membuat kontrak kerja dan melaksanakan suatu proyek bangunan, dalam memilih kontraktor juga perlu dipertimbangkann secara matang yang dalam proyek skala besar diadakan lelang untuk menentukan pemborong terbaik dengan harga termurah, namun untuk dapat menggunakan jasa kontraktor terbaik terkadang terkendala pada masalah harga borongan bangun rumah per m2 seperti di Jakarta yang masing-masing pemborong mempunyai standar tersendiri. Perhitungan RAB rencana anggaran biaya bangun rumah dapat dihitung secara cepat dalam satuan m2 luas bangunan atau menghitung secara teliti dengan cara mencari volume masing-masing pekerjaan kemudian dikalikan analisa harga satuan.

Lalu berapa hara borongan bangun rumah per m2 dijakarta? Dalam menghitung biaya bangun rumah sebelumnya kita tentukan dahulu apakah hendak memborongkan upah tenaga berikut tenaga atau borongan upah saja. Jika hanya memborongkan tenaga maka kita harus menyediakan bahan bangunan yang biasanya diminta oleh pemborong untuk sedia setiap saat agar dalam pelaksanaan pembangunan tidak ada tukang bangunan yang menganggur akibat kehabisa material dilokasi proyek, hal ini tentu dapat menyebabkan kerugian pada pihak pemborong. Berikut ini harga borongan per m2
• Harga borongan upah tenaga dan Bahan bangunan +/- Rp.3.000.000,00
• Harga borong upah per m2 +/- Rp.500.000,00
Harga tersebut hanya rata-rata saja pada tahun 2012 yang nilainya dapat berubah sewaktu-waktu menurut dimana lokasi pembangunan rumah serta kapan kegiatan membangun berlangsung.

Nah.. berdasarkan data harga pemborongan per m2 tersebut dapat kita hitung total biaya yang harus disiapkan dalam membangun rumah, langkah pertama kita hitung berapa luas bangunan yang akan dibangun misalnya akan membuat rumah satu lantai ukuran 6 m x 10 m maka luasnya adalah 60 m2, dan biaya borong rumah adalah 60 m2 x Rp.3.000.000,00 = Rp.180.000.000,00 terbilang ( seratus delapan puluh juta rupiah ) begitulah kurang lebih cara menghitung biaya bangun rumah per m2, selamat memilih kontraktor terbaik dengan harga borongan paling murah namun dapat mewujudkan kualitas bangunan terbaik

70 Comments
  1. 4 years ago
    aditya N

    apakah hrga borongan tersbt berlaku untk daerah sumatera.

    Reply
    • 4 years ago
      erick

      sumatera lebih gan, material disana mahal… kurang lebih sampe 3,5 jt/m2

      Reply
  2. 4 years ago
    Erick

    Salam pak

    Mau nanya pak, biasanya untuk biaya borong perM2 kan dijelaskan Rp 500.000/M2, pertanyaan saya sperti berikut:

    1.itu dapat nentukan harga 500.000 dari mana yah? apa bisa dipilah2 jadi lebih jelas.
    2.biasanya untuk harga sgitu, kita bisa berdayakan berapa tukang dan berapa pembantu
    tukangnya? untuk dapat hasil yang maksimal.
    3. kalo untuk gaji Tukang dan pembantu sekarang berapa? dan kalo pakai prinsip mandor borong bagaimana caranya menghitung keuntungannya? dan berapa lama waktu pengerjaan yang diperlukan berdasarkan luas bangunan?

    Mohon maaf saya jadi banyak Tanya, lagi belajar2 mau jadi mandor. baru lulusan dengan Modal nekat, jadi mohon sekiranya bimbingan dari bapak. kalau bisa dikirimkan ke email saya mari.kordinasi@gmail.com. Sekali lagi terimakasih dan ditunggu.

    Reply
  3. 4 years ago
    rahman

    mau penjelasan soal mengitung luas m2 bangunan.tingginya kok nggak di hitung ya pak.soalnyakan setiap bangunan tdk sama tingginya.lantas bagaimana menghitung biaya upah membuat rumah yang betul.

    Reply
    • 4 years ago
      kukuh

      Ya hrgnya standrt,soal ketinggian ya 3.5m,kl mo lbh dr 3,5mtr,harga nya ya tambah,permeter lari pasangn bata,

      Reply
  4. 4 years ago
    karjono

    salam kenal pak saya jono pemborong ,saya di bidang sipil /finising,interior jg bisa pak sy tenaga ahli dr purwodadi jawa tengah,mungkin dgn komentar ini kita bisa berkelanjutan atau berkerja sama dalam suatu projek pak thnsk

    Reply
  5. 4 years ago
    kukuh

    Ya hrgnya standrt,soal ketinggian ya 3.5m,kl mo lbh dr 3,5mtr,harga nya ya tambah,permeter lari pasangn bata,

    Reply
  6. 4 years ago
    ipin

    Mlm pak.maaf pak sy mau nanya,kalau atasnya di dak,cara mnghitungnya gmna?trima ksh pak

    Reply
  7. 4 years ago
    cepy

    Saya pemborong pekerjaan partisi gipsum+palfon+sipil

    Reply
  8. 4 years ago
    JHON SAPRIL

    Kalo untuk borongan upah kerja sebesar 500,000,-/m2, saya jamin kerjaan gak bakal selesai dngan rapi,,,,, kemarin sy bangun rumah aja dengan membayar pemborong per meternya 650,000,- hasilnya gak maksimal,,,, dari pengalaman kami harga murah ujung ujungnya kekecewaan yang kami dapat…. Dp diambil kerjaan dapat 25% ditinggal kabur….. kita nyari lagi pemborong,,,,

    Reply
    • 2 years ago
      eko

      tol tol tol betol.mana ada murah berkwalitas bos .saya bangun rumah di boyplali.arga permeter udah 760 000.itu baru jos gandos marem tenan

      Reply
      • 2 years ago
        raninto

        Hati-hatilah pak..kalaw harga borongan trlalu murah tuh..
        Masih mending lihat dulu RAB nya..
        Supaya kedua pihak..merasa tenang..
        Karna spengalaman saya kalaw harga borong trlalu murah.dan tidak ada RAB nya malah kdua pihak gelisah pada ahir nya..

        Reply
  9. 4 years ago
    Supanti Astuti

    etungen dewe piro jale…. sak ember 1m, opo sak jeti 1jt ehehehee.

    Reply
  10. 4 years ago
    bono resta

    met malm pak.saya seorang tukang bangunan yg pengen jadi pemborong dan baru belajar jadi pemborong.saya berucap trima kasih,karena saya sdh bisa baca penjelasan yg tlh bpk komentarkn.

    Reply
  11. 4 years ago
    Udin Tablo Tablo

    kalaw harga merenopasi,,, gimana cara menghitungya se cara gelobal?

    Reply
  12. 3 years ago
    mitra mandiri 77

    Jasa Pembuatan kitchen set,lemari pakaian,backdrop,backwall,partisi,mini bar,dll dengan harga yg relatif murah namun tetap berkualitas,mewah dan mempunyai nilai seni yg tinggi.Dengan tenaga yg berpengalaman lebih dari puluhan tahun akan menjadikan interior anda terlihat lebih lux.
    Dapatkan hanya di Mitra Mandiri 77

    0838 9957 4411
    0888 0836 6165
    pin bb 314231ea

    atau datang ke Komp Puri Bintaro hijau jl Nusa Indah Raya blok D12no14 cileduk-Pd Aren.
    (Terima Revisi Interior).

    Melayani pekerjaan sipil
    Bangun/Renovasi Rumah,Kantor,Toko dll
    seperti pengecatan,canopy,kelistrikan,dll
    Kami juga mengerjakan pekerjaan dengan kayu jati untuk kursi taman,meja makan,kursi tamu,dll

    Reply
  13. 3 years ago
    gustin

    maaf pak sebelumnya, mau tanya .
    maksud dari .M1-M2-dan M3 mohon penjelasanya .sebelum dan sudahnya makasih

    Reply
  14. 3 years ago
    tono

    bpk/ibu yg ingin bngun rmh tinggl dan ruko bisa hub nomr saya 085330807077 pak tono jawa tengah purwodadi, m2 untk rmh tnggl sederhana 3.jt dan untuk ruko 2,5jt, dan untuk rmh mewah 3,8jt dengan luas bangunan yg akan di bngun, terima ksih

    Reply
  15. 3 years ago
    wbowo

    yang mengerjakan 5 orang seluas 150 m berarti 2,500,000 x 150 = Rp 375,000,000
    upah ya doang ya…

    Reply
    • 1 year ago
      aditya

      jgan ngasih yarga se enaknya, anak istri makan pasir,gmna gk makin susah orng kuli,kalah gaji sma karyawan,smbako mahal tau, se X makan za 10ribu 3Xmakan brpa,

      Reply
    • 2 months ago
      Santoso

      Maaf pk.kasih info.itu upah+bahan jdi bpk tinggal duduk manis

      Reply
  16. 3 years ago
    NKRI

    setiap pemilik rumah/bangunan slalu menginginkan harga super murah dgn kwalitas super baik,masukan aja kepada para pemilik mendingan bangunannya dibangun sendiri aja,beli material sendiri,dan memasangnya sendiri juga,dijamin pastiii sangat murah,rapih nggaknya dan gagal nggaknya resiko anda sendiri,kasihan kuli bangunannya kalau jadio kambing hitam,mereka butuh buat kasih makan anak istrinya,lagipula ilmu itu kan nggak gratis gan…….maka daripada jadi mudhorot lebih baik kerjain sendiri aja,biar tahu gimana susahnya dan berat resikonya dalam melaksanakan pembangunan bangunan itu,salam

    Reply
  17. 3 years ago
    idad

    kami siap menerima kerjaan borongan dan harian, dengan hasil yang memuaskan, hub 083870493607, meliputi segala kebutuhan

    Reply
  18. 3 years ago
    andi

    Menerima jasa borong renovasi maupun bangun dr nol…plafon partisi cat keramik listrik teralis kanopi dll hub 087888672713

    Reply
  19. 3 years ago
    sunardi

    Mlm pak . Maaf saya mau nanya pak , pak bagai mana cara menghitung presentasi kerja bisa tau sampai 25% . Itu cara meng hitung nya gimana ya pak….???? Terima kasih….

    Reply
    • 4 months ago
      Firmanbae

      Caranya gampang…buat rab nya dulu…jk sda diketahui total rabnya tinggal agan bagi aja…lihat nilai total masing2 item pkrjaanya…lalu agan bagi dgn total rab keseluruhan .. tinggal cek pekerjaan dilapangan…lalu cocokan dgn nilai bobot td….gamoang bukan.?

      Reply
  20. 3 years ago
    pujono

    mau bangun baru/renov rumah,kos2an,ruko dll ???? free design 3D,RAB
    – RUMAH SEDERHANA(STRUKTUR BETON,HEBEL,ATAP BAJA RINGAN,KUSEN KAYU KW2,CAT FALCON GOLD,KERAMIK LOKAL KW2,SANITARI LOKAL HARGA 2.2JT/M2
    – RUMAH STANDART(STRUKTUR BETON,HEBEL,ATAP BAJA RINGAN,KUSEN KAYU KAMPER,CAT VINILEX,KERAMIK MULIA ,SANITARI INA/TOHO HARGA 2.5 s/d 2.7jt/m2
    – RUMAH standart mewah(STRUKTUR BETON,HEBEL,ATAP BAJA RINGAN,KUSEN KAYU KAMPER,CAT dulux,KERamik ROMAN ,SANITARI toto HARGA 2.7 s/d 3jt/m2
    – RUMAH MEWAH(STRUKTUR BETON,HEBEL,ATAP BAJA RINGAN,KUSEN KAYU KAMPER/PVC,JATI,CAT DULUX,KERAMIK MARMER/GRANIT ,SANITARI TOTO,BATU ALAM HARGA 3JT s/d menyesuaikan

    FREE DESIGN 3D,RAB KONSULTASI KE PUJONO 085773347011 JABODETABEK

    Reply
  21. 3 years ago
    Sugiono

    [Tanya] bila upah per M² luas bangunan 10 x 20.
    bagaimana cara penghitungan upah?
    mohon masukannya!

    Reply
    • 3 years ago
      pujiono

      upah tenaga borongan 350 s/d 600rb

      cara hitungnya 350.000x10x20=70.jt

      upah tenaga borongan yg musti dibayar untuk bangunan 200m2 = 70jt
      semoga bermanfaat

      Reply
  22. 3 years ago
    Rizal

    mas, saya mau melanjutkan pembangunan rumah lantai 1 menjadi 2 lantai dengan ukuran 6,5×7,5m2. lantai 1 sudah selesai, untuk lantai 2 kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk rumah menengah dalam arti tidak terlalu sederhana, tidak terlalu mewah?

    Reply
    • 3 years ago
      glo jhoan

      Salam hormat pak rizal, klo bapak butuh tukang bisa hub saya hp: 085292759797 (Mas Dadi) Wonogiri bisa harian bisa borong trimakasih.

      Reply
    • 3 years ago
      edy yuliyanto

      Saya pegawai konstruksi bumn,,jika bapak berkehendak saya pribadi yang akan merenovasi rumah bapak no telp 082197384048

      Reply
    • 2 years ago
      eko

      caranya panjang x lebar x harga borong kerja permeter. contoh 6.5×7.5×500 000 itu ketemu ongkos kerja bos. kalo ngitung plus bahan caranya pxlxharga permeter borong plus bahan…….contoh 6.5×7.5x 3 000 000 ketemu harga rumah jadi . thank

      Reply
  23. 3 years ago
    sholie

    halo… saya arsitek pemborong rumah/bangunan di Semarang. Jika ada yang berminat 085727594015
    http://www.sholiearsitek.com/

    Reply
  24. 2 years ago
    Guntur

    087787133313

    Reply
  25. 2 years ago
    CULATNO

    TERIMA PEKERJAAN BANGUNAN DALAM SKALA BESAR/KECIL. TERIMA BORONG TENAGA
    BISA JUGA HARIAN (NEGOSIASI UPAH)
    HP;087885416045=CULATNO
    DI UTAMAKAN
    COD=JAKARTA

    Reply
  26. 2 years ago
    dian wahyudin

    Lagi cari rekan CV, saya dapet proyek bikin kandang ayam, 25 set, 1 set =24 kandang / satu hektar . Untuk kandang ayam 10rb ekor per kandang . Butuh rekan kerja / join investor juga, berminat pin 22491E97

    Reply
  27. 2 years ago
    farid

    Mas/Om mau nanya kalau hitungan dak/ngecor lantai 2 berapa /mtr persegi? sy mau ngedak 8x8mtr lokasi ciputat.
    dan berapa harga nyuntik pondasi biasa (rmh 1lt) menjadi pondasi bakal rumah 2lt? hitungan per tiang dg tinggi bangunan 3,2mtr, jumlah 14tiang. makasih

    Reply
    • 2 years ago
      kusumah

      Mas Farid,
      Utk pekerjaan cor dak 1 jt/m2
      Utk nyuntik pondasi pakai tapak beton +
      Tiang kolom 10cmX20cmX320cm 750 rb/tiang
      Jika berminat menggunakan jasa kami silahkan kirim
      Datanya ke alamat ppkusumah10@gmail.com

      Reply
  28. 2 years ago
    Salam

    Dear Team,

    Bagi yang memerlukan Support untuk Catering Para Pegawai,untuk project jakarta dan sekitarnya
    untuk delivery khusus masakan Padang Hub 0857 80 288 591 minimal 50 Box

    Reply
  29. 2 years ago
    Harso

    Saya dari kepala tukang siap mengerjakan finising gedung dan rumah087888439477

    Reply
  30. 2 years ago
    cahyana

    Malam semuanyah sayah igin brtanya klo ada brongan Renovasi listrick sayah siap memborongnya mau pun brongan tenga ga Aph aph sayah siap mhn infonya ya om atw dlur dlur wasallam

    Reply
  31. 2 years ago
    helena

    butuh beberapa tukang + kenek harian/borongan untuk lokasi pekerjaan di Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah, SEGERA. Terima kasih, helena.belle@yahoo.com

    Reply
    • 2 years ago
      yanto

      aku kerja boleh nggak mau borongan aja

      Reply
    • 1 year ago
      zainur

      Kapan ya?

      Reply
    • 1 year ago
      aditya

      harian gaji tukang brpa?,,,,,,,,, kenek brpa

      Reply
  32. 2 years ago
    iwan

    renov tangerang

    Reply
  33. 2 years ago
    suma

    Kami mengerjakan bangun baru/renovasi dgn sistem persentase,biaya pengawasan/pelaksanaan hanya 7% dari total bahan material serta upah tukang,kami juga bisa mengurus IMB,tukang2 handal dan rapih,berminat silahkan kontak email ppkusumah10@gmail.com (area jadetabek) tks

    Reply
  34. 2 years ago
    Rodzi ku sumo atmojo

    Salam. .ini sya mau nanyak. ?untuk pasar an.buat rumah di sukabumi. Harganya berapa ./m2?

    Reply
  35. 2 years ago
    Sukandek Askan

    Bagi yang memerlukan info maupun bangun rumah dan renovasi, silahkan mampir ke blogspot saya, di http://borongrumah.blogspot.com/

    Reply
  36. 2 years ago
    abi nugraha

    Mf mas …
    Klo mau borong global tenaga bikin rumah dua lantai itu cara ngitung nya gi mna

    Reply
  37. 2 years ago
    kafilah binuin

    Saya kepala tkng/pemborong,,dijkrt skrng upah tukang,100,120,150 ribu,,keneknya 90,95 ribu dan borong upah permeter 850.000 itu harga standar,,semoga bermanfaat,,,

    Reply
  38. 2 years ago
    harno

    Terimakasih semuanya informasi sdr/sdri yg tlah mau berbagi

    Reply
  39. 2 years ago
    yuli

    saya mau nanya brapa harga borongan upah dan bahan perM2 membangun ruko lantai 1 dan 2 untuk kota padang(sumbar)

    Reply
  40. 2 years ago
    ndar

    malem gan saya mo nanya,saya ada rumah lama 10m x 20m .Rencana mau saya dak dan d suntik.gimana dan berapa harga borongannya.Mohon d bantu kirim ke email sy,trims…

    Reply
    • 1 year ago
      aditya

      bearti 200mx850,000= untuk tenaga za

      Reply
  41. 2 years ago
    rohyat

    saya mandor bangunan sistim borong .mf klo untuk dak 10×20 per m2=satujuta.jadi sekitar 2oo.ooo ooo.2ratus juta bapak sudah bisa dak.pak ndar.mudah2han bermanfaat.masukan harga dari saya.kepalatukang.bangunan.dari jawa tengah

    Reply
  42. 1 year ago
    hadie jun

    Tergantung speknya pak,tapi jika hanya jasa saja skrg 800.000/m2 tdk termasuk instalasi listrik/air

    Reply
  43. 1 year ago
    Sujiana Dharma Saput

    Bisa gak pak saya suplayer kusen, daun pintu dan jendela kalau ada proyek saya pingin kerjasama sebagai suplayernya. Tanks

    Reply
  44. 1 year ago
    karimun jnong

    Siap bangun rumah bermodel apa aja

    Reply
  45. 1 year ago
    aditya

    sembako udah mahal ngasih harga sgitu, buat pemborong tingkatkan harga /m, naikan gaji kuli 150,000, masa gaji kuli sma dngn UMR pabrik,,

    Reply
  46. 1 year ago
    suryadi

    kalo akad sebaiknya sama2 menguntungkan dan konsistan kedua belah pihak…

    Reply
  47. 1 year ago
    kusnadi

    Siap membantu anda dalam membangun rumah idaman anda!

    Reply
  48. 12 months ago
    purwanto

    Terima kasih temen temen atas masukanya

    Reply
  49. 10 months ago
    oman

    maAff agan agan saya mau bikin rumah di tangerang. . kira kira berapa duit ya / m2 nya..
    untuk rumah mewah. . makasih

    Reply
  50. 9 months ago
    hery

    Untuk d lombok per meter2 berapa ya.?borong tenaga aja.sampai buka kunci.?

    Reply
  51. 9 months ago
    syafar

    @ P Oman, bisa email saya gak, tangerangnya dimana…kalau serius kirim no hp ke email saya, Pak. di tunggu

    Reply
  52. 4 weeks ago
    Febby

    saya pernah bangun rumah dengan biaya minimalis dan lahan seadanya. kebetulan saya ketemu dengan salah satu pemborong wanita yang berada di jakarta. info saja sekedar sharing. hasil dari biaya minimalis dan lahan seadanya cukup memuaskan bagi saya. boleh di hubungi jikalau agan – agan sekalian berminat. Dijamin tidak akan mengecewakan.
    Nama : Ibu There – 081298893042

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *