Hati-Hati Share Foto Rumah di Sosial Media

Sangat menyenangkan tentunya apabila membagikan hal-hal menarik di sosial media. Apagai saat memiliki rumah baru. Rasanya sangat ingin membagi suasana rumah di akun sosial media. Tujuannya yaitu ingin membagi kebahagian dengan orang, selain itu ingin memberikan referensi hunian dan dekorasi yang menarik bagi orang lain. Banyaknya orang yang mengunggah foto-foto rumah di akun media sosial masing-masing membuat semakin banyak orang melihat keadaan rumah. Hal tersebut dapat memicu munculnya perilaku kejahatan. Agar terhindar dari kejahatan yang memanfaatkan unggahan foto keadaan rumah di sosial media, sebaiknya ikutilah langkah-langkah berikut ini.

 

Foto Seperluhnya

Jika ingin membagikan foto di akun media sosial, ada baiknya untuk membagikan foto rumah yang seperluhnya saja. Hindarilah untuk menunjukan foto keseluruhan ruangan yang ada di rumah. Tujukkanlah ruangan yang biasa-biasa saja, seperti kamar mandi, ruang makan maupun ruang tamu. Sebaiknya janganlah menunjukan keseluruhan isi yang ada di kamar, seperti berbagai barang-barang koleksi yang dimiliki.

Share Kepada Teman Dekat

Membagi kebahagiann kepada orang lain tentunya wajar-wajar saja. Namun untuk membagi keseluruhan ruangan yang ada di dalam rumah, sebaiknya bagilah kepada teman dekat saja. Tetapi jika tetap ingin membaginya di sosial media, pastikan akun sosial media yang dimiliki terkunci agar yang melihat foto-foto yang diunggah hanya orang-orang yang dikenal saja. Tujuannya adalah untuk menghindari orang lain yang ingin berbuat kejahatan, seperti perampokan, pencurian bahkan melakukan hipnotis.

Share Yang Bermanfaat

Membagi foto-foto rumah memang memiliki niat positif agar memberikan referensi hunian kepada orang lain. Namun agar terhindar dari kejahatan kriminal, ada baiknya untuk mengunggah foto-foto yang bermanfaat saja. Unggahlah foto-foto berupa kreasi aksesoris hasil karya sendiri dan sebagainya. Hal tersebut tentu akan lebih membuat orang lain tertarik dengan foto yang diunggah di sosial media. Tidak hanya itu, foto-foto demikian juga dapat membuka peluang bisnis yang menjanjikan.

Hati-Hati dengan Status

Menulis status di sosial media merupakan hal yang sangat umum dilakukan semua orang. Namun jangan sampai status di sosial media tersebut menimbulkan kejahatan. Jangan menulis status yang mengungkapkan bahwa keadaan rumah sedang sepi atau saat berada di rumah sendirian. Hal tersebut tentu akan memberikan peluang bagi para pencuri.

Jangan Share Lokasi

Perhatikanlah saat sedang mengunggah sesuatu di sosial media. Akan lebih baik untuk tidak menampilkan lokasi keberadaan saat ini. Boleh saja apabila ingin menunjukkan lokasi keberadaan saat ini, namun sebaiknya jangan share lokasi secara detail.

 

Bijaklah dalam menggunakan sosial media. Share foto-foto rumah yang wajar-wajar saja. Jangan sampai unggahan di sosial media tersebut menjadi boomerang bagi Anda yang menyebabkan terjadinya kejahatan kriminal yang saat ini sangat marak terjadi di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *