Kenapa Rumah Juga Butuh Asuransi

Saat ini asuransi menjadi hal penting yang harus dimiliki setiap orang. Tidak hanya asuransi untuk jiwa, pendidikan dan kesehatan saja yang penting, namun asuransi dalam hal properti sangatlah penting untuk dimiliki. Rumah merupakan salah satu bentuk investasi yang harus dimiliki. Namun masyarakat masih menganggap asuransi rumah belum termasuk hal penting yang harus dimiliki. Padahal tidak ada yang dapat menjamin apabila rumah mengalami bencana maupun kerusakan. Rumah kapan saja dapat mengalami kerusakan, seperti tanah longsor, kebakaran, banjir dan lainnya. Banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia saat ini, membuat asuransi rumah menjadi hal yang sangat diperluhkan. Nah, berikut 5 alasan penting kenapa rumah harus membutuhkan asuransi, antara lain :

 

Perlindungan Hukum

Setiap rumah pasti akan berurusan dengan hukum, mulai dari akta dari notaris dan sebagainya. Untuk itu, agar rumah bebas dari permasalahan hukum di kemudian hari perlu adanya pihak yang akan melindungi. Salah satunya yaitu asuransi. Asuransi akan memberikan perlindungan hukum kepada nasabahnya yang mengikuti asuransi properti. Perlindungan hukum tersebut dapat berupa permasalahan yang berkaitan dengan kepemilikan rumah, kecelakaan dan lainnya.

Perlindungan Bencana Alam

Semua orang tentu tidak ada yang tau kapan musibah akan datang. Perlu adanya antisipasi agar tidak terjadi banyak kerugian apabila musibah tersebut datang. Antisipasi yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan asuransi. Adanya asuransi akan memberikan keuntungan saat rumah mengalami bencana alam. Asuransi akan memberikan ganti rugi berupa biaya keuangan sesuai dengan yang diasuransikan.

Perlindungan Harta

Asuransi rumah tidak hanya memberikan perlindungan terhadap rumah saja, namun juga semua harta benda yang ada di dalam rumah. Semua harta benda di dalam rumah, seperti perabotan, peralatan elektonik dan lainnya juga akan mendapatkan perlindungan dari pihak asuransi apabila mengalami kerusakan.

Pergantian Rumah

Apabila rumah mengalami kerusakan dari bencana alam atau lainnya, pihak asuransi akan memberikan pergantian. Tidak hanya pergantian berupa finansial saja, namun jika kerusakan yang terjadi pada rumah sangat parah dan tidak dapat dipergunakan untuk tempat tinggal lagi, pihak asuransi akan memberikan kemudahan yaitu berupa pergantian rumah tinggal. Pergantian rumah tinggal tersebut bersifat sementara, sampai rumah yang mengalami kerusakan dapat diperbaiki dan layak untuk dijadikan tempat tinggal lagi.

Pergantian Biaya Perawatan

Selain memberikan ganti rugi biaya finansial untuk memperbaiki rumah yang mengalami kerusakan, pihak asuransi akan memberikan keuntungan lainnya. Rumah yang mengalami perbaikan tentu membutuhkan biaya lagi untuk membersihkan rumah agar terlihat lebih besih. Pihak asuransi akan menjamin semua biaya yang dikeluarkan untuk pembersihan rumah tersebut.

 

Pentingnya asuransi rumah, membuat setiap orang juga harus memiliki asuransi tersebut. Asuransi rumah akan memberikan banyak sekali keuntungan kepada nasabahnya. Hal tersebut merupakan hal positif yang dapat dipertimbangkan untuk memiliki asuransi rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *