Macam macam fungsi cat di rumah

Ternyata yang namanya cat itu fungsinya tidak hanya mempercantik atau memperindah rumah, tapi ada macam-macam fungsi cat lainya di rumah, ini sangat penting untuk diketahui agar kita bisa lebih bijak dalam menggunakan cat, untuk itu disini akan kita ungkap lebih jauh. Kita tahu bahwa cat merupakan salah satu jenis bahan bangunan berbentuk cair yang cara penggunaanya dioleskan pada permukaan benda sehingga setelah mengering akan menempel dan memberikan warna tertentu pada benda tersebut. Nah.. berikut beberapa macam fungsi 🙂

 

Macam macam fungsi cat di rumah

  1. Memberikan warna pada permukaan benda, ya.. kita bisa merubah warna acian semen yang tadinya abu-abu kemudian berubah menjadi merah, biru, hijau atau warna lainya dengan cara melapisi permukaanya dengan cairan cat.
  2. Melindungi permukaan benda, contohnya cat dapat mencegah tumbuhnya lumut dan jamur pada permukaan beton sehingga tetap bersih dan awet.
  3. Anti bakteri, beberapa jenis cat dapat mengurangi kelembapan permukaan bangunan sehingga tidak lagi cocok sebagai tempat tumbuh kembang bakteri yang berbahaya bagi manusia.
  4. Menutup kekurangan bangunan, contohnya bidang bangunan yang tadinya retak rambut atau terdapat cacat bisa terlihat rapi dan mulus setelah dilapisi dengan cat.
  5. Memberikan nuansa tertentu pada ruangan, misalnya ruangan dengan cat emas akan mengensankan hunian yang elegan dan mewah, ruangan dengan cat merah bisa memberikan kesan keberanian, dan kesan-kesan lainya menyesuaikan dengan jenis dan warna cat yang digunakan,
  6. Memperhalus atau memperlunak permukaan bangunan, bagian-bagian bangunan yang sebelumnya terlihat keras bisa terlihat lebih lunak setelah di cat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *