Pekerjaan tanah

Pekerjaan tanah adalah pekerjaan yang dilakukan sebelum pelaksanaan pembangunan rumah tinggal. Ada tiga jenis pekerjaan tanah sebelum pembangunan rumah yaitu penggalian tanah , pengurugan pasir , perataan atau pangurugan tanah. pekerjaan ini dilakukan dalam tahap awal kegiatan membangun rumah. kokohnya sebuah bangunan akan sangat dipengaruhi oleh pekerjaan tanah karena disinilah letak sebuah pondasi yang kokoh dapat berdiri dengan baik, berikut ini beberapa pekerjaan yang berhubungan

 

pekerjaan penggalian tanah
Pekerjaan ini merupakan pembuatan lubang galian untuk pondasi. Pekerjaan penggalian lubang tanah ini di sesuaikan dengan jenis pondasi yang akan dibuat,kalau misalkan pondasi dibuat dari batu kali maka penggalian tanah dilakukan disepanjang denah bangunan. bila akan dibuat pondasi tapak atau pondasi sumuran maka penggalianya hanya di sudut-sudut bangunan atau pada tumpuan yang merupakan tempat pemasangan kolom. Dan bila akan dibuat pondasi pancang maka pekerjaan penggalian tanah tidak dilakukan karena pondasinya langsung dipancang ketanah atau di bor ketanah.

pekerjaan penggurugan pasir

Sebelum pekerjaan pondasi dilakukan perlu dilakukan penaburan pasir urug ketanah ( disepanjang penggalian ). Pekerjaan ini dilakukan karena untuk manghindari tercampurnya adukan-adukan dan tanah liat. Untuk minimal ketebalan pasir urug yaitu 5cm. untuk lantai kerja dari adukan 1 semen : 2 pasir : 5 koral minimal ketebalan 5 cm, ketebalan ini untuk jenis pondasi beton plan atau pondasi beton lajur, pekerjaan ini selain di taburkan pasir urug.

 

pekerjaan urugan atau perataan tanah
Pekerjaan ini dilakukan setelah pekerjaan pondasi sudah selesai dilakukan. Pekerjaan ini merupakan pengurugan kembali tanah galian pondasi sehingga tanah bekas galian pondasi tidak tampak lagi, kalau misalkan tanah tersebut masih sisa kemudian tanahnya digunakan untuk meratakan bagian dalam bangunan.

 

meskipun terkesan sederhana namun ternyata membutuhkan keahlian khusus yang menentukan kekuatan sebuah bangunan, misalnya pada pembangunan gedung bertingkat tinggi akan dilaksanakan tes sondir untuk mengetahui jenis dan kualitas tanah sehingga dapat dihitung kedalaman tiang pancang yang kuat menahan beban bangunan diatasnya. setelah pekerjaan tanah tersebut selesai dikerjakan langkah selanjutnya adalah pekerjaan pondasi yang diuraikan pada artikel selanjutnya 🙂

2 Comments
  1. 2 years ago
    Syafrudin

    Bapak Yth,
    Saya masih bimbang untuk bahan pengurukan ruang/bagian didalam bangunan. maka saya mohon bantuan penjelasan Bapak utk ngurug ruang/bagian/ruang dlm bangunan, apakah sebaiknya saya menggunakan tanah urug dan diatasnya ditambah dengan pasir urug setebal 5cm ataukah saya memakai semuanya pasir urug utk menimbunnya hingga atas untuk pemasangan keramik?

    Atas penjelasannya, saya ucapkan terima kasih.

    Salam,
    Syafrudin – Bangka.

    Reply
  2. 9 months ago
    Kang Angga

    Sekedar menambah pengetahuan.
    Bapak syafrudin. Sebaiknya bisa menggunakan tanah terlebih dahulu baru di urug pakai pasir. Karna rencana akan di pasang kramik.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *