Pertimbangan Mengambil KPR Tenor Panjang

Program KPR merupakan program yang sangat membantu apabil tidak dapat membeli rumah dengan cash. KPR akan memberikan bantuan untuk dapat memiliki rumah tersebut dengan cara kredit atau mencicil. Sebelum memutuskan untuk menggunakan KPR, sebaiknya carilah informasi mengenai hal apa saja yang terdapat dalam KPR. Salah satu hal yang harus dipertimbangkan saat merencanakan untuk menggunakan KPR yaitu tenor. Tenor merupakan jangka waktu kredit yang akan diajukan. Tenor dapat berupa tenor jangka panjang dan tenor jangka pendek. Namun biasanya yang sering dipilih oleh masyarakat adalah tenor jangka panjang. Sebenarnya apa keuntungan dan kerugian mengambil tenor jangkap panjang ? Berikut keuntungan yang didapat apabila mengambil KPR tenor jangkap panjang, diantaranya :

 

Jumlah Cicilan Lebih Ringan

KPR tenor jangka panjang biasanya diperuntukan kepada yang memiliki penghasilan rata-rata dan tetap setiap bulannya. cicilan yang diberikan pun juga cenderung lebih ringan dibandingkan dengan tenor jangka pendek. KPR tenor jangka panjang ini akan memberikan cicilan yang ringan dan sama setiap bulannya.

Jumlah yang dibayar Stabil

Keuntungan menggunakan KPR tenor jangka panjang yaitu jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya akan stabil. KPR tenor jangka panjang akan memberikan jumlah cicilan yang sama tiap bulannya, sehingga akan lebih memudahkan untuk menghitung jumlah cicilan yang akan dikeluarkan sampai batas waktu yang sudah ditentukan.

 Memudahkan Mengatur Keuangan

Sangat cocok apabila KPR jangka panjang diambil oleh seseorang yang memiliki pekerjaan tetap dan dengan penghasilan tetap setiap bulannya, seperti PNS atau pekerja kantoran. Hal tersebut dikarenakan KPR jangka panjang ini dapat memberikan keleluasaan untuk mengatur keuangan setiap bulannya untuk keperluan bulanan dan keperluan membayar cicilan. Sehingga kondisi keuangan akan dapat diatur dengan baik setiap bulannya.

Selain memiliki banyak keuntungan, KPR tenor jangka panjang juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa ulasan mengenai kekurangan mengambil KPR tenor jangka panjang, antara lain :

Beban Biaya

Memang sangat diuntungkan dengan banyaknya hal positif yang akan didapat dengan mengambil KPR tenor jangka panjang tersebut. Namun biaya yang akan dibayarkan setiap bulannya juga akan semakin bertambah. Terlebih lagi jika kebutuhan hidup semakin meningkat, tentu akan lebih memberatkan kondisi keuangan.

Iklim Makro Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi memang tidak dapat ditebak. Perubahan iklim makro ekonomi juga dapat terjadi. Hal tersebut tentu akan lebih memberatkan keuangan, karena biasanya bunga pada KPR juga akan mengalami peningkatan.

Beban Psikologis

Perlu diketahui bahwa dengan mengambil KPR jangka panjang, maka pelunasan cicilan juga akan semakin panjang waktunya. Hal tersebut perlu dipersiapkan secara mental agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari.

 

Memang sangat menyenangkan apabila memiliki banyak keuntungan jika mengambil KPR tenor jangka panjang. Namun sebaiknya perhatikan dan pikirkan matang-matang kerugian yang akan didapat apabila mengambil KPR tenor panjang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *