keramik dinding rumah

Pertimbangan Menggunakan Keramik Dinding Rumah

Pada zaman modern ini keramik tampil tidak sebatas penggunaan pada lantai. Perkembangan teknologi membuat keramik dapat diaplikasikan sebagai pelapis dinding dengan berbagai kelebihannya, misalnya seperti kokoh, pilihan corak beragam sampai dengan pengaplikasiannya yang mudah. Di pasaran berbagai macam keramik untuk pelapis dinding banyak ditawarkan dengan harga yang cukup menggiurkan. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka sebaiknya disesuaikan berdasar kebutuhan anda. Berikut berbagai pertimbangan memilih keramik untuk dinding rumah, antara lain :

Memilih sesuai desain

Sesuaikan keramik dinding rumah yang akan dibeli dengan konsep desain hunian anda. Untuk  mendapatkan hasil yang terbaik, maka bisa berkonsultasi atau berkomunikasi dengan arsitek dan desainer interior yang dapat dipercaya. Konsep desain dapat diawali dengan menyesuaikan corak keramik dan tema interior di dalam rumah, kemudian dilengkapi dengan pilihan berbagai aksesoris untuk keramiknya.

keramik dinding rumah

keramik dinding rumah

Memilih sesuai luas ruang

Pada aplikasi keramik pada dinding supaya tepat, maka anda perlu mengukur luasnya ruangan tersebut. Apabila ruangan rumah cenderung sempit dan terbatas, maka bisa memilih keramik yang berukuran besar, misalnya ukuran 30 cm x 60 cm, 20 cm x 60 cm, atau ukuran 25 cm x 45 cm. Pemilihan keramik yang besar akan dapat menghasilkan kesan ruangan lebih luas, apalagi jika pola pemasangannya dibuat mendatar. Apabila ruangan sangat luas, maka pilihlah kombinasi keramik dengan ukuran yang berbeda. Komposisi ukuran dan motif keramik tersebut akan membuat ruangan menjadi tidak membosankan.

Memilih sesuai tempat

Pertimbangan yang harus diperhatikan selanjutnya adalah memperhitungkan penempatan keramik untuk dinding ini. Anda perlu mengetahui bahwa keramik dinding memiliki spesifikasi yang berbeda tergantung pada fungsinya, misal seperti keramik untuk area indoor atau outdoor dan keramik untuk area basah atau kering.

Memilih sesuai anggaran

Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu pertimbangan anggaran. Anda harus menyesuaikan pilihan keramik dengan besarnya jumlah dana yang dimiliki. Selain ragam motif, warna dan juga ukuran, keramik juga memiliki spesifikasi untuk harga dan kualitas. Anda dapat melakukan survei harga keramik, mulai dengan keramik KW 1 yang harganya sesuai produk showroom, KW 2 dan KW 3 yang memiliki harga di bawah kualitas KW 1.

Penggunaan material keramik untuk melapisi lantai atau dinding rumah merupakan hal yang paling banyak dilakukan oleh seseorang dalam melakukan pekerjaan finishing pembangunan pada rumah. Keuntungan dari pemilihan keramik dinding ini antara lain warna dan coraknya mempunyai banyak pilihan, mudah untuk didapatkan, jenisnya yang beraneka ragam dan dapat disesuaikan penempatannya pada lahan yang akan dipasang dengan keramik, serta perawatannya yang cukup mudah. Tetapi selain itu anda juga tidak boleh secara asal – asalan dalam memilih jenis keramik tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi di dalam pemilihan jenis keramik dinding rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *