Pondasi rumah 1 lantai

Pondasi rumah 1 lantai bisa menggunakan berbagai macam alternatif pilihan sesuai bangunan dan jenis tanah yang akan dibangun. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri sehingga harus benar-benar tepat dalam memilih pondasi agar rumah dapat berdiri kokoh tanpa kerusakan seperti retak-retak, miring atau bahkan roboh. Mengingat pentingnya struktur pondasi ini meskipun letaknya seringkali terpendam tanah sehingga tidak terlihat, oleh karena itu disini kita akan mencoba menuliskan jenis-jenis pondasi yang bisa dipilih sebagai dasar dudukan rumah idaman kita.

 

Macam-macam pondasi rumah 1 lantai

  1. Pondasi batu kali dibuat dengan menyusun batu kali dengan penampang trapesium, persegi empat atau bentuk lainya dengan perekat berupa adukan beton. Cocok digunakan pada tanah keras yang bagus.
  2. Pondasi rollag terbuat dari tumpukan pasangan batu bata yang dirangkai dengan pengikat adukan beton. Digunakan pada konstruksi bangunan yang tidak terlalu berat seperti pagar halaman rumah, atau bagian rumah yang terbuat dari material ringan seperti kayu dan bambu.
  3. Pondasi plat jalur merupakan konstruksi beton bertulang yang dibuat memanjang . dipakai pada konstruksi bangunan dengan beban berat sehingga tetap dapat berdiri kokoh diatasnya.
  4. Pondasi foot plat, jenis ini banyak yang salah menyebutnya sebagai pondasi cakar ayam, namun ada perbedaan pada bentuk strukturnya. pondasi foot plat dapat digunakan pada titik kolom yang direncanakan tumbuh menjadi 2 lantai dikemudian hari.
  5. Pondasi cakar ayam, ini merupakan hasil oleh pikir teknologi putra bangsa yang terinspirasi dari akar pohon kelapa yang mampu menahan pohon yang tinggi menjulang di tepi pantai meskipun struktur tanahnya lunak. jadi jenis pondasi cakar ayam ini cocok digunakan untuk bangunan yang berdiri diatas tanah lunak.
  6. Pondasi cerucuk bambu, terbuat dari beberapa bambu yang ditancapkan dengan kuat kedalam tanah lalu bagian atasnya disatukan menggunakan tali atau beton bertulang, penggunaan bambu bisa digantikan oleh pipa pvc yang didalamnya diisi dengan adukan beton sehingga bisa lebih kuat, awet dan mudah dibuat.

Contoh gambar pondasi batu kali untuk rumah satu lantai adalah sebagai berikut

pondasi rumah 1 lantai

 

Beragam inovasi dan keratifitas selalu memunculkan hal baru, khuusunya dalam hal pondasi rumah 1 lantai ini. dimulai dari kemauan untuk coba-coba, menganalisa dan merencanakan konstruksi pondasi yang kuat, murah dan tahan lama. selamat mewujudkan rumah idaman 🙂

3 Comments
  1. 2 years ago
    jasa bor

    pondasi strauss juga bisa digunakan untuk rumah 1 lantai

    Reply
  2. 2 years ago
    Tukang Bore Pile

    untuk satu lantai pilihan terbaik menggunakan pondasi telapak yang digabungkan dengan pondasi batu kali atau bisa diganti dengan pondasi strauss pile

    Reply
  3. 10 months ago
    Strauss pile

    Untuk lebih kuatnya untuk pondasi dalamnya memekai strauss pile dulu. Baru di applikasikan dengan pondasi sloof.. lebih kuat dan terjamin

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *