Proses Pengecatan Rumah Yang Benar Wajib Diketahui

Rumah memang selalu menjadi tempat untuk berkumpul bersama orang-orang terkasih dan tersayang. Hal lain juga mengatakan bahwa rumah adalah tempat paling nyaman dan aman dibandingkan tempat lainnya. Jika jaman dahulu rumah mempunyai bentuk yang klasik dan itu-itu saja kini model rumah sudah beraneka ragam dengan bermacam variasi warna. Baru-baru ini rumah dengan desain minimalislah yang paling digemari banyak orang. Pasalnya rumah minimalis dapat dibuat menjadi rumah dengan banyak fungsi didalamnya.

Tidak hanya itu saja, rumah minimalis pun memiliki kesan modern dan tetap mewah. Pemilihan warna cat yang dipadukan dengan pemilihan furniture yang tepat akan mempercantik bagian dari ruangan itu sendiri. Tidak hanya rumah minimalis yang memerlukan perpaduan warna cat yang cantik, desain rumah lainnya pun jika dipadukan dengan pemilihan warna cat yang pas maka dapat memperindah tampilan rumah itu sendiri. Proses pengecatan ini haruslah dikerjakan secara benar agar menuai hasil yang maksimal tanpa celah sedikit pun.

Bahkan rumah lama Anda jika ingin memberikan tampilan baru dapat disulap dengan adanya perubahan warna cat tembok. Jika Anda mengecat dengan baik dan benar, maka nantinya rumah pun akan enak untuk dipandang. Begitu juga dengan pemilihan warna dan motif yang sesuai, tentu akan menjadi nilai tambah keindahan dan kenyamanan rumah itu sendiri.

 

Mengecat rumah sendiri dapat dilakukan sendiri bahkan dapat dilakukan secara bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya. Pasalnya mengecat rumah bukanlah pekerjaan yang teramat susah. Berikut ini adalah beberapa macam langkah yang dapat Anda lakukan jika ingin mengecat secara baik dan benar.

  • Bersihkan Dinding

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan dinding dari debu dan kotoran yang menempel. Pasalnya debu dan kotoran tersebut dapat membuat hasil akhir cat tidak halus dan rata sehingga kurang enak untuk dipandang. Cara membersihkannya dapat dibersihkan dengan menggunakan sapu atau kemoceng atau kain basah dan kemudian disapukan pada dinding.

  • Tutup Bagian Yang Tidak Perlu

Selanjutnya Anda harus melindungi bagian-bagian dari rumah Anda dari noda cat. Hal ini dilakukan guna membuat bagian yang sedang di cat menjadi rata dan tidak terganggu dengan bagian lainnya. Anda dapat menutup atau melindunginya dengan menggunakan koran, lakban hingga kayu sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Atas ke Bawah

Lalu pastikan untuk mengecat dengan menggunakan pola dari atas ke bawah. Hal ini dilakukan agar tembok tercat secara rata dan seluruh bagian tidak ada yang terlewatkan. Hal ini juga mempermudah pekerjaan Anda karena mempersingkat waktu.

  • Gunakan Roller dan Kuas Kecil

Terakhir, selalu gunakan roller agar proses pengecatan menjadi lebih mudah dan merata. Untuk bagian-bagian yang sempit dan kecil Anda dapat  mengunakan kuas kecil agar bagian tersebut tetap tercat dengan baik dan rata.

 

Proses pengecatan yang dilakukan dengan benar seharusnya akan membuat warna bisa menyatu dengan baik, lebih awet dan tidak mengotori benda di sekelilingnya. Mungkin anda perlu mempelajari teknik khusus agar cat lebih rapi dan rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *