mengecat rumah

Rahasia Mengecat Bagian Rumah Yang Tak Terjangkau

Mengerjakan pengerjaan rumah, baik sekedar perbaikan kecil ataupun renovasi berskala menengah jelas butuh keahlian sendiri. Tetapi bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang senang dengan menyibukkan diri untuk melakukan perawatan rumah dengan tanggan sendiri tanpa memanggil bantuan dari tukang profesional tak jarang menghadapi kendala terutama bila harus menjangkau bagian-bagian yang sulit.

Banyak bagian rumah yang jelas tak terjangkau dengan mudah. Dengan demikian bagi Anda yang senang untuk melakukan pengerjaan rumah dengan tangan sendiri, berikut kami hadirkan cara mengecat bagian rumah yang tak mudah dijangkau.

Hapus Cat Kurang Dari Satu Hari, Gunakan Tangkai Rol Cat Panjang Untuk Bagian Tinggi

Mengecat rumah adalah hal yang menyenangkan apalagi bila dilakukan  bersama-sama anggota keluarga lain sebagai bagian dari rekreasi yang produktif dan mendekatkan seluruh anggota keluarga.

mengecat rumah

mengecat rumah

Tapi untuk melakukan hal tersebut sering kita terbatas pada pemikiran hasilnya tentu tak sebaik tukang cat profesional. Pemikiran tersebut memang ada benarnya disatu sisi, namun disisi lain jika Anda memahami cara mengecat dengan benar, bisa jadi hasilnya sebaik tukang cat profesional. Berikut ada rangkuman triknya.

  1. Mulailah Dari Bagian Yang Lebar, Lanjutkan Dengan Detil-Detilnya

Untuk melakukan pengecatan ada baiknya dilakukan dengan memulai dari bagian yang lebar, seperti misalnya bagian dinding rumah. Lakukan pengecatan mula-mula dengan cat tipis, bila perlu gosoklah bagian yang dirasa akan menjadikan cat baru kurang rata, kelupas bagian cat lama yang memang akan mengelupas.

Jika bagian yang lebar seperti misal dinding sudah tertutup cat dengan sempurna, lanjutkan dengan bagian yang memerlukan pengerjaan secara detil seperti misal, daun jendela, kusen pintu, serta bagian-bagian lain yang memerlukan pengerjaan cat secara mendetil.

  1. Hapus Cat Yang Menetes Ke Lantai Kurang Dari Satu Hari

Dalam proses pengecatan tentu saja cat yang digunakan akan menetes ke lantai. Untuk itu ada baiknya segera dibersihkan kurang dari sehari, tetapi jika tidak mungkin, maka perlu untuk di bersihkan dengan thinner A, cairan ini juga berfungsi sebagai pengencer cat.

  1. Untuk Mengecat Kamar Mandi, Pastikan Sudah Benar-Benar Kering

Beberapa bagian seperti misalnya kamar mandi perlu mendapat perlakuan khusus sebelum di lakukan pengecatan. Cara terbaik adalah dengan tidak menggunakan kamar mandi selama beberapa lama, hingga bagian kamar mandi mengering. Waktu yang diperlukan paling tidak adalah 12-14 jam sebelum pengecatan. Namun bila dimungkinkan 24 jam adalah waktu yang paling efektif untuk tidak menggunakan kamar mandi sebelum dilakukan pengecatan.

 

  1. Roll atau Kuas, Semua Bergantung Kebutuhan

Beberapa orang beranggapan bahwa mengecat dengan menggunakan kuas adalah yang memberikan hasil terbaik, ini jelas adalah hal yang relatif. Kuas atau roll cat digunakan sesuai dengan kebutuhan, jika diinginkan pengecatan dengan proses cepat pada bidang yang leluasa, seperti misalnya dinding atau langit-langit maka roll cat adalah pilihan yang efektif, sementara untuk bagian yang membutuhkan detil perlu dilakukan pengecatan dengan menggunakan kuas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *