Strategi Menabung Untuk Membeli Rumah Pertama

Seseorang yang memutuskan untuk menikah pastinya harus siap untuk membeli sebuah rumah. Sayangnya, saat ini banyak sekali pasangan yang menikah tetapi mereka belum memiliki rumah alias masing numpang di rumah orang tua atau mertua. Tentunya ketika Anda sudah menikah apalagi telah mempunyai anak tidak akan merasa nyaman apabila masih menumpang.

Ketika kita sudah mempunyai niatan untuk menikah sebaiknya kita telah mempunyai rumah sendiri. Mempunyai rumah tentunya bukanlah hal yang mudah. Selain kita harus mempertimbangkan banyak hal, tetapi kita juga harus mempunyai dana yang cukup untuk membeli rumah idaman. Berikut ini adalah beberapa strategi menabung untuk membeli rumah pertama.

  1. Batasi diri Anda untuk hidup berfoya-foya

Memanjakan diri sangatlah diperlukan untuk mencegah diri Anda dengan pasangan agar terhindar dari stress, tetapi janganlah berlebihan dalam memanjakan diri Anda. Semakin sering bersenang-senang maka semakin banyak pula uang yang harus anda keluarkan. Kontrolah diri dari berbagai macam godaan seperti belanja dan laiinnya. Fokuslah dalam menyisihkan uang setiap bulannya agar cepat membeli rumah.

  1. Adakan Kerjasama Yang Baik Dengan Pasangan

Menabung untuk membeli rumah apabila dilakukan oleh satu orang tentu akan merasa kesulitan, maka dari itu ajaklah pasangan Anda untuk menabung bersama. Jagalah kekompakan Anda dengan pasangan dan tetap konsisten untuk menyisihkan uang setiap bulannya.

  1. Belilah Prabotan Rumah Yang Menyediakan Harga Diskon

Ketika kita sudah membeli rumah tentu kita harus mengisinya dengan beberapa prabotan. Carilah perlengkapan rumah tangga dengan harga diskon. Meskipun diskon yang ditawarkan tidak banyak, tetapi hal tersebut dapat berfungsi untuk memperkecil pengeluaran Anda. Lakukanlah hal tersebut dan biasakan hidup hemat  mulai dari sekarang.

  1. Carilah Terlebih Dahulu Rumah Yang Hendak Anda Beli

Hal utama yang harus dilakukan adalah mencari rumah idaman Anda dengan pasangan. Hal ini berfungsi agar dapat memperkirakan berapa harga rumah tersebut. Carilah lokasi dan tipe rumah sesuai keinginan Anda dan pasangan. Ingatlah bahwa harga rumah setiap tahunnya mengalami kenaikan.

  1. Sisihkanlah Uang Anda Rutin Setiap Bulannya

Menyisihkan uang merupakan suatu hal yang wajib dlakukan apabila berkeinginan untuk membeli sebuah rumah. Sisihkan minimal 15 persen dari penghasilan setiap bulan. Tentunya melakukan kegiatan ini tidaklah terlalu sulit karena untuk masa depan Anda dan keluarga.

  1. Carilah Angkutan Umum Setiap Anda Hendak Bepergian

Ketika hendak berpergian, supaya menghemat pengeluaran maka gunakanlah transportasi yang ada. Bersabarlah hingga tabungan Anda cukup untuk membeli rumah. Hal ini setidaknya dapat menghemat pengeluaran yang digunakan untuk membeli bensin.

Itulah beberapa strategi yang dapat dilakukan ketika ingin membeli rumah. Mempunyai rumah sendiri tentu sangatlah nyaman karena kita tidak merepotkan siapapun. Mulailah hidup mandiri dan sisihkan uang anda setiap bulannya meskipun belum menikah, tetapi hal ini dapat membantu ketika Anda hendak membeli rumah di masa depan. Biasakanlah hidup hemat mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *