Tipe-Tipe Finishing Cat Dinding Rumah

Cat dinding di rumah akan membuat suasana rumah menjadi lebih menarik dan berwarna. Cat dinding yang berwarna cerah akan membantu menambah semangat dan suasana hati Anda lebih ceria. Namun jika cat dinding di rumah Anda tidak pernah diganti, tentu akan membuat Anda merasa bosan. Gantilah cat dinding di rumah Anda agar rumah terlihat baru, bersih dan nyaman untuk dilihat. Sebelum mengganti cat rumah Anda, pastikan tipe cat yang dipilih sesuai dengan ruangan di rumah Anda. Pahamilah beberapa tipe dari cat dinding agar sesuai dengan keinginan serta cocok diaplikasikan pada rumah Anda. Berikut ini ada 4 jenis tipe cat dinding yang dapat Anda pilih untuk mengecat rumah, antara lain :

Tipe Matte atau Doff

Penggunaan tipe matte atau doff ini jika di cat pada dinding rumah Anda akan meresap dan sangat menempel, tetapi cat tersebut akan memberikan efek kilap pada permukaan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena cat tipe ini tetap terlihat lembut. Cat dinding dengan tipe matte sangat tahan lama terhadap cuaca dan teriknya sinar matahari, sehingga akan cocok bila digunakan pada dinding luar rumah. Selain itu cat ini juga dapat diaplikasikan di dalam rumah, karena memiliki efek yang lembut.

Tipe Eggshell

Cat tipe eggshell cenderung bertekstur tetapi tetap halus. Cat tipe ini memiliki tampilan yang mirip dengan kulit telur, sehingga akan mudah untuk dibersihkan pada bagian permukaanya. Tipe eggshell juga juga tidak terlalu memantulkan sinar matahari. Anda dapat menggunakan cat tipe eggshell ini pada dinding ruang tamu atau di ruang keluarga.

Tipe Satin

Cat tipe satin memiliki tampilan cat yang terlihat mewah. Berbeda dengan cat tipe matte yang sangat menempel pada dinding, cat tipe satin tidak terlalu menempel di dinding. Jika menyentuh dinding yang menggunakan cat tipe satin, tangan Anda akan terasa lembut. Cat tipe satin sering digunakan pada ruang galeri dan ressto, karena cat satin memiliki warna yang teduh dan tidak memantulkan cahaya. Selain galeri dan ressto, cat ini cocok juga digunakan pada kamar tidur dan ruang tamu karena tipe cat ini mudah sekali untuk dibersihkan.

Tipe Glossy

Cat tipe glossy memiliki dua jenis, yaitu high gloss dan semi gloss. High gloss memiliki kecenderungan untuk memantulkan cahaya, sehingga akan terlihat lebih berkilau. Penggunaanya cocok untuk eksterior yang sering terpapar sinar. Jika semi gloss memiliki tingkat kilap yang cenderung lebih rendah. Gunakan tipe ini pada ruangan yang mudah terkena noda.

Demikian empat tipe cat dinding yang dapat menjadi referensi Anda. Semoga info tersebut bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *