Tips Berolah Raga di Dalam Rumah

Banyak hal yang bisa dilakukan agar tetap bugar, olahraga adalah salah satunya. Tapi belakangan kesibukan sering menjadikan tak cukup waktu untuk berolahraga. Selain itu, kondisi lingkungan yang kadang adalah pemukiman menjadikan ruang terbuka adalah barang mewah, sudah pasti berolahraga susah untuk dilakukan.

Beberapa bisa menyiasatinya dengan menjadi member di klub-klub kebugaran. Tapi soal biaya yang harus dibayarkan tentu urusan lain. Tapi sekali lagi, urusan kebugaran tubuh jelas bukan hal yang bisa ditawar-tawar. Jadi bagaimana cara menyiasati kurangnya ruang terbuka untuk berolahraga di kawasan padat? Jawabannya tentu dengan melakukan olahraga didalam rumah. Tips berikut bisa jadi panduannya.

 

Siapkan Space Khusus, Lengkapi Dengan Peralatan Kebugaran Ringan

Bahkan sebuah ruangan yang sempit sekalipun, bila ditata dengan benar tentu akan ada space untuk melakukan banyak hal, termasuk olahraga tentunya. Beberapa meter saja sudah cukup untuk melakukan gerakan ringan aerobik, stretching atau gerakan ringan. Jadi bagaimana sebuah ruangan kecil bisa dipakai berolahraga? Ini dia kutipannya.

  1. Siapkan Peralatan Pendukung Ringan

Hal pertama yang harus dipersiapkan selain space adalah peralatan pendukung olahraga ringan. Hal-hal seperti barbel, handgrip serta peralatan gymanstic ringan lainnya bisa dipersiapkan. Tetapi jangan memilih peralatan berat seperti treadmill, spinning bike serta pendukung gimnastic berat lainnya. Persiapkan hanya bila memang ruangan sangat memungkinkan.

  1. Hindari Gerakan Yang Terlalu Sulit

Pada dasarnya berolahraga adalah melakukan gerak badan. Gerakan paling rutin sekalipun bisa digolongkan olahraga bila memang dilakukan dengan cara yang intensif serta tepat dari segi gerakannya. Oleh karena itu, berolahraga didalam ruangan sangat mungkin untuk dilakukan dengan memusatkan gerakan tertentu yang ringan dan sederhana. Seperti misalnya gerakan ringan situp, atau melakukan gerakan harvard (naik turun anak tangga) dengan bantuan kursi kecil.

  1. Lakukan Olahraga Dalam Tempo Yang Ringan Namun Rutin

Tips berolahraga dalam rumah selanjutnya adalah melakukannya dengan rutin dan teratur. Lakukan secara terjadwal dan dalam tempo sedikit tetapi rutin. Hal ini untuk menjaga konstansi otot serta kebugaran sehingga meski olahraga dilakukan dalam ruangan dengan gerakan terbatas tapi karena intensitas terjaga kebugaran tetap bisa tercapai.

 

Berolahraga dalam ruangan bukan tidak mungkin. Bahkan bila dilakukan dalam ruangan sempit sekalipun asal insitas gerakan terjaga, bukan berarrti kebugaran tubuh tidak bisa dicapi. Tips utama tentunya melakukan setiap gerakan dengan sungguh-sungguh bila perlu carilah masukan untuk gerakan aerobik dalam ruangan lewat panduan di internet atau sumber-sumber lainnya yang bisa dirujuk.

Dengan melakukan jenis olahraga dalam ruangan melalui cara ini maka kebugaran tubuh tetap akan terjaga. Ini berarti bahwa kebugaran tubuh tetap bisa terjaga meski tinggal di daerah perkotaan yang identik dengan lahan sempit. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Selamat menjaga kebugaran tubuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *