Tips Membangun Rumah Hanya 25 Juta

Menghemat biaya saat akan membangun rumah memang sangat perlu dilakukan bagi orang yang anggaran biayanya terbatas. Untuk itu, banyak orang yang ingin memiliki rumah sendiri beralih ke perumahan yang dapat dibeli melalui KPR atau kredit perumahan. KPR dianggap solusi terbaik untuk mendapatkan rumah dengan biaya yang terjangkau karena bisa dicicil dan dibayar setiap bulan.

Namun, tidak jarang orang memilih untuk membangun rumah idamannya sendiri apalagi mereka yang memiliki anggaran yang cukup besar. Lalu bagaimana dengan orang yang hanya memiliki biaya yang minim, yaitu hanya sekitar 20 juta sampai 30 juta, yang ingin membangun rumah sendiri? Apakah mereka mampu membangun rumah?

 

Membangun rumah dengan biaya sekitar 25 juta saja memang kedengarannya mustahil bagi kebanyakan orang. Tapi ternyata ada beberapa orang yang berhasil membangun rumah idaman mereka dengan biaya seminim-minimnya. Berikut ini tips-tips yang mereka lakukan.

Mendesain rumah

Sebelum membangun rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendesain rumah. Jika ingin membangun rumah dengan biaya minim, ada baiknya desain rumah yang akan dibangun tidaklah mewah atau berlantai dua. Gunakan desain rumah dengan tipe minimalis karena rumah tipe ini tidak akan menghabiskan banyak ruang. Dengan demikian, bahan bangunan yang digunakan juga tidak banyak.

Mempertimbangkan Type Rumah

Dalam hal ini type rumah yang dimaksud adalah ukuran rumah. Semakin besar ukuran dan type rumah maka semakin banyak bahan bangunan yang akan digunakan untuk membangun rumah. Rumah type 35 yang memiliki ukuran 7 meter x 5 meter merupakan type rumah yang paling tepat untuk membangun rumah dengan biaya minim. Type rumah ini tidak membutuhkan biaya yang tinggi dalam proses pengerjaannya.

Tentukan Bentuk Bangunan

Tips selanjutnya setelah mempertimbangkan tipe rumah adalah menentukan bentuk bangunan. Faktanya bentuk bangunan sangat mempengaruhi kebutuhan bahan bangunan dan tingkat kesulitan pembangunannya. Tidak dapat dipungkiri, bahwa bentuk bangunan yang rumit seperti bentuk segitiga, dalam pengerjaannya pasti ada material bangunan yang yang tidak terpakai. Oleh sebab itu, untuk menghemat biaya, sebaiknya bentuk bangunannya segi empat atau persegi panjang saja.

Lakukan riset bahan bangunan

Ketika akan membangun rumah, bahan bangunan merupakan komponen biaya terbesar yang harus dikeluarkan. Untuk itu, sebelum membangun sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu agar bisa mendapatkan harga yang miring atau lebih rendah dari harga pasaran. Untuk mendapatkan harga bahan bangunan yang lebih murah dan terjangkau bisa juga dengan membeli langsung pada produsennya, bukan kepada distributor atau toko bangunan.

Selektif memilih tukang bangunan dan pekerjanya

Membangun rumah memang membutuhkan jasa tukang bangunan. Pentingnya peranan tukang bangunan ini menjadikan beberapa dari mereka menetapkan harga tinggi untuk membayar jasanya. Untuk itu, sebaiknya selektiflah dalam memilih tukang bangunan dan kulinya. Cobalah untuk mendapatkan jasa tukang bangunan yang kinerjanya tinggi tapi tidak mengharapkan upah yang mahal, dengan cara menanyakan tukang bangunan yang sesuai dengan harapan Anda kepada saudara, teman, atau masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *