contoh gambar tangga

Tips Membuat Tangga Rumah Yang Aman Dilalui

Rumah yang aman dan nyaman tentu menjadikan seluruh anggota keluarga yang menghuni merasa betah. Tapi tak jarang, ada beberapa bagian rumah yang mengandung resiko bila tidak dipikirkan dengan baik pada waktu pembuatannya.

Salah satunya jelas adalah tangga rumah. Bagian tangga rumah, adalah bagian yang penting terutama bila rumah dibangun dengan bertingkat.

Tak hanya sebagai pelengkap, tangga rumah jelas berfungsi vital, sebab fungsi utama dari tangga rumah adalah sebagai konektor atau penghubung antar ruangan di bagian bawah dengan atas.

Dengan demikian fungsi tangga rumah tak hanya vital, tetapi bisa juga membahayakan jika tidak didesain dengan baik, terutama bila di rumah ada anak-anak yang seringkali memanfaatkan tangga sebagai tempat bermain.

Berikut ada tips menjadikan tangga rumah aman untuk dilalui oleh seluruh anggota keluarga.

ukuran tinggi anak tangga sebaiknya 20cm, sedangkan lebar anak tangga dibuat 30cm. Pastikan Ada Pegangan Pengaman, Pencahayaan Cukup Halau Ilusi Optikal

contoh gambar tangga

contoh gambar tangga

Bagian tangga sering jadi salah satu faktor bahaya di rumah, untuk itu lakukan beberapa hal berikut agar jangan sampai tangga rumah menjadi penyebab anggota keluarga mengalami celaka.

  1. Berikan Pencahayaan Cukup

Salah satu hal yang harus dilakukan untuk mengurangi resiko celaka di bagian tangga adalah memberikan pencahayaan yang cukup. Hal ini tentu saja dengan menghindarkan pemasangan bola lampu dengan cahaya remang. Tak hanya mengurangi resiko celaka, pencahayaan yang cukup juga akan menghilangkan apa yang disebut dengan ilusi optikal. Ilusi optikal ini adalah keadaan dimana mata tidak bisa menangkap dengan jelas objek yang ada di depan saat berjalan. Dengan kata lain pencahayaan cukup akan mencegah dari salah melangkah ketika menaiki anak tangga.

  1. Pasang Pagar dan Pegangan Tangan (Handrail)

Pagar dan pegangan tangan adalah salah satu hal yang wajib ada, selain karena komponen ini menjadi bagian keamanan tangga, sekaligus juga adalah bagian estetis atau menambah keindahan rumah.

  1. Hindari Pemasangan Keramik serta Bebaskan Dari Kondisi Licin

Untuk pemilihan keramik yang akan dipasang di anak tangga ada baiknya untuk menghindari keramik lantai dengan permukaan yang mudah licin. Selain itu, selalu pastikan area sekitar tangga termasuk seluruh anak tangga agar tidak licin. Bebaskan dari tumpahan makanan atau tetesan air.

  1. Hindari Menaruh Barang Di Tangga

Menaruh barang di bagian anak tangga terbawah biasa dilakukan dengan alasan tempat yang tidak cukup. Selain itu beberapa anak tangga terbawah juga sering dilakukan dengan alasan yang sama. Hal ini sebenarnya mengurangi faktor keamanan, untuk itu hindarilah untuk menaruh barang-barang di bagian anak tangga. Ada baiknya jika menjadikan bagian bawah anak tangga sebagai tempat untuk menaruh barang-barang, bisa dengan menjadikan seperti bunker kecil atau mungkin menempatkan rak-rak di bawahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *