water wall

Tips Membuat Water Wall di Rumah

Menghadirkan suasana untuk relaksasi pada rumah bisa dengan cara menghadirkan unsur air. Unsur air merupakan elemen yang penting dan dapat menimbulkan suasana tenang, nyaman serta meneduhkan suasana pada sebuah kediaman. Hal itulah yang menyebabkan banyak penghuni rumah ingin membuat kolam, pancuran air ataupun water wall.

Salah satu keuntungan menggunakan water wall adalah selain menghadirkan keteduhan unsur air serta tidak membutuhkan lahan yang cukup luas, tampilan water wall juga dapat mempercantik dinding dan lebih mudah terlihat sehingga menjadi lebih mudah untuk dinikmati. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat water wall, antara lain yaitu :

Menentukan tema water wall

Pikirkan terlebih dahulu tema yang ingin diterapkan sebelum anda akan membuat water wall. Tema dinding air atau water wall yang dibuat hendaknya tidak bertabrakan dengan konsep rumah yang telah ada.

water wall

water wall

Memilih lokasi

Water wall biasanya ditempatkan pada tempat yang terbuka seperti di taman rumah. Oleh karena itu supaya dapat dinikmati oleh penghuni dari dalam rumah, maka sebaiknya lokasi water wall dipilih pada posisi yang menghadap rumah. Apabila anda ingin menempatkan water wall di bagian dalam rumah, maka perhatikan bagaimana caranya supaya water wall tersebut tidak mengalami kebocoran.

Fondasi

Ukuran yang sering disarankan untuk pembuatan fondasi water wall adalah sekitar kurang lebih 40 cm dan dengan kedalaman 40 cm. Fondasi ini sangat berfungsi sebagai penguat dari bangunan water wall.

Efek air pada water wall

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan ketika membuat waterwall, sehingga akan menimbulkan efek air yang berbeda-beda yaitu air mengalir, air mancur atau air terjun. Apabila anda akan membuat efek air terjun maka memerlukan penampungan air untuk dikeluarkan dalam debit yang banyak. Apabila menginginkan efek air mengalir, maka anda tidak perlu menyiapkan penampungan air danĀ  bila menginginkan efek air mancur, maka diperlukan tempat penampungan air dan tempat untuk menciptakan efek air mancur yang berasal dari lubang kecil.

Pompa air

Untuk pemakaian pompa harus disesuaikan dengan asal air. Apabila air yang digunakan berasal dari dalam tanah, maka tidak dapat hanya menggunakan pompa biasa tetapi apabila menggunakan air yang berasal dari lapisan tanah yang lebih dalam maka harus menggunakan pompa jenis jet pump.

Penerangan pada water wall

Lampu untuk penerangan dapat anda tambahkan pada water wall, sehingga pada malam hari keindahan dinding air pun dapat tetap terlihat. Selain itu penggunaan water wall juga bisa berfungsi sebagai penambah estetika rumah.

Penempatan water wall yang baik dapat membuat suasana rumah lebih nyaman dan sejuk. Oleh karena itu beberapa tips pembuatan water wall yang telah dibahas di atas dapat anda terapkan dan bisa menjadi inspirasi untuk rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *