Tips Memilih Desain Pintu Rumah

Pintu rumah adalah elemen dasar dari sebuah rumah, bagian terpenting dari dari sebuah hunian. Fungsi dari pintu rumah juga sudah dikenal sejak dulu yakni sebagai perantara antara luar ruangan dengan rumah, atau sebagai dari ruangan satu ke ruangan lain dan menjaga privasi si pemilik rumah. Namun, pada zaman sekarang, pintu tidak hanya digunakan sebagai perantara saja tetapi juga menambah nilai estetika sebuah rumah atau ruangan.

 

Sama halnya dengan desain rumah yang semakin berkembang seiring zaman, desain pintu rumah pun bertambah seiring perkembangan zaman sesuai dengan selera kita masing-masing. Pintu rumah akan memberi kesan pertama ketika seseorang / tamu akan memasuki ruangan.

 

Tips Memilih Desain Pintu Rumah

Dengan semakin banyaknya jenis desain pintu rumah maka kita perlu tahu tips memilih desain pintu rumah yang cocok dengan desain rumah kita, sebagai berikut:

1. Ketahanan pintu
Kita harus memilih bahan pintu rumah yang tepat khususnya pintu utama atau pintu luar. Pastikan kalau bahan pintu tidak tipis dan warnanya tidak gampang pudar oleh karena cuaca. untuk pintu bagian dalam rumah, kita bisa memilih pintu dengan bahan kayu padat.

2. Penampilan pintu
Penampilan pintu kita haruslah sesuai dengan konsep desain rumah agar tidak terjadi perbedaan mencolok yang mengganggu pemandangan. Jadi pastikan ada harmonisasi antara motif, warna dan corak pintu dengan tema rumah.

3. Pintu yang kedap suara
Pintu yang kedap suara tidak hanya berfungsi untuk melindungi privasi dan keamanan si pemilik rumah tetapi juga bisa menjadi peredam suara bising dari luar rumah seperti jalanan. Pintu kamar pun bisa dipilih dari bahan yang kedap suara untuk menjaga privasi pemilik kamar.

4. Sirkulasi udara dari pintu
Penempatan pintu rumah sebaiknya sesuai arah sirkulasi udara supaya udara dapat masuk dengan lancar ke dalam rumah dan bertukar. Pintu kaca pun adalah pilihan tepat bagi kita yang ingin memasukkan cahaya alami ke dalam rumah. Untuk mempermanis tampilan pintu dan menahan panas dari luar rumah atau ruangan, kita pun bisa menambahkan gorden pada pintu rumah.

 

Pintu yang digunakan pun dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan penempatannya yakni pintu luar, pintu interior dan pintu fungsional. Pintu luar mencakup pintu teras, pintu depan dan pintu belakang yang biasanya bahannya harus tahan cuaca, tebal dan memiliki sistem penguncian yang aman.

 

Sedangkan untuk pintu interior, ini bisa kita kreasikan sesuai dengan desain interior rumah itu sendiri. Bahan yang dipakai untuk pintu itu pun tidak perlu yang tebal sekali. Kemudian, ada pintu fungsional. Pintu fungsional adalah pintu yang dipakai untuk fungsi tertentu. Pintu tersebut antara lain pintu dapur, pintu gudang dan pintu kamar mandi. Sebagai contoh, jika kita sedang akan membeli pintu kamar mandi maka kita harus memilih pintu yang tahan karat dan antirayap karena akan sering diterpa siraman air.

 

Untuk model, ada banyak macam model desain pintu rumah yang bisa kita pilih. Salah satu tren desain pintu sekarang ini adalah desain pintu minimalis. Desain pintu rumah minimalis ini terlihat simpel namun elegan. Kita bisa memilih pintu rumah dengan bahan kayu jati yang dibuat mengkilap. Desain minimalis bukan berarti tidak ada corak apapun pada pintu tersebut tetapi diminimalisir dengan memilih desain garis horizontal.

 

Yang pasti pintu rumah adalah bagian terpenting untuk keindahan rumah kita tetapi yang paling utama adalah menjaga keamanan rumah kita. Pintu apapun yang kita pilih tetap prioritaskan tingkat keamanannya bagi rumah tercinta kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *