mengecat dinding rumah

Tips Mengecat Ulang Dinding Rumah

Cat mempunyai peranan yang cukup penting untuk suatu bangunan, baik sebagai unsur dekoratif atau sebagai pelindung untuk dinding rumah itu sendiri. Oleh karena itu sebaiknya cat dinding rumah anda dilakukan perawatan secara berkala, dengan cara melakukan cat ulang dinding rumah.

Berbagai alasan seperti adanya kejenuhan ataupun ingin  bertukar suasana dengan warna cat yang sebelumnya, maka pemilik rumah ingin menukar warna cat dinding lama dengan warna cat yang berbeda dengan warna sebelumnya atau karena kondisi cat pada dinding rumah tersebut sudah mulai memudar atau rusak, karena telah termakan usia atau kebocoran atap yang pada akhirnya dapat merusak lapisan cat.

mengecat dinding rumah

mengecat dinding rumah

Beberapa tips berikut ini dapat anda perhatikan ketika ingin mengecat ulang dinding rumah, antara lain :

Untuk kondisi permukaan cat yang masih bagus

  • Langkah pertama yaitu amplas seluruh permukaan cat yang ingin ditukar sampai rata dan sebaiknya menggunakan amplas no 150/180.
  • Bersihkan seluruh permukaan dinding rumah dari sisa debu amplas dengan menggunakan air bersih, kemudian tunggu permukaan dinding yang basah sampai menjadi benar-benar kering.
  • Apabila terdapat kondisi retak rambut sebaiknya didempul menggunakan dempul khusus untuk dinding terlebih dahulu.
  • Setelah itu anda bisa mulai mengecat dinding dan menyiapkan alat serta bahan yang dibutuhkan. Untuk cat luar sebaiknya menggunakan cat khusus untuk diluar. Tipe cat seperti ini biasanya mempunyai kadar akrilik yang cukup tinggi dan tahan terhadap cuaca serta serangan jamur.
  • Campur cat yang akan digunakan dengan sedikit air kurang lebih 10-15 persen. Ulangi kembali pengecatan pada dinding setelah lapisan pertama kering, kemudian bersihkan sisa cat yang sudah mengotori lantai.

Untuk kondisi permukaan cat yang sudah rusak

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memeriksa adanya jamur, cat yang mengelupas atau bergelembung serta banyak kotoran yang menempel atau tidak.
  • Untuk cat yang mengalami jamur, biasanya bersumber dari keretakan dinding dan kebocoran atap atau pipa karena air hujan.
  • Untuk cat yang mengelupas atau bergemlembung, tentu harus dikerok atau disekrap. Caranya yaitu dengan membasahi menggunakan air pada dinding yang mengelupas dan bergelembung. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam menyekrap cat.
  • Untuk dinding yang terdapat banyak noda kotoran, maka dapat dicuci dengan air yang dicampur dengan cairan sabun dengan menggunakan sikat kawat bersihkan semua kotoran. Setelah itu anda bisa membersihkan semua sisa kotoran dengan dilap atau disiram air bersih.
  • Setelah itu tunggu permukaan dinding sampai menjadi benar-benar kering dan selanjutnya lakukan proses pengecatan pada dinding.

Memiliki rumah yang enak dilihat sudah pasti dambaan setiap orang. Oleh karena itu melakukan pergantian warna cat sudah umum dilakukan untuk mengganti suasana supaya tidak membosankan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *