Tips Merancang Dapur Terbuka di Dalam Rumah

Rumah merupakan tempat tinggal untuk semua anggota keluarga. Setiap rumah terdiri dari berbagai bagian di dalamnya. Salah satunya yaitu dapur. Dapur merupakan tempat yang sangat disukai oleh sebagian perempuan. Dapur biasanya menjadi tempat favorit untuk memasak makanan bagi keluarga, sehingga dapur menjadi tempat yang sangat diperhatikan dalam pembangunan rumah. Dapur di desain sedemikian rupa agar penguhni rumah betah berada di dapur.

 

Bentuk dapur yang dapat menghubungkan dengan ruangan lain menjadi salah satu bentuk yang banyak diminati. Hal tersebut akan membuat dapur menjadi terlihat luas, meskipun ruangan dapurnya kecil. Jika menginginkan bentu dapur demikian, dapat dilakukan dengan menerapkan konsep dapur yang terbuka. Dapur terbuka akan membuat rumah terkesan lebih nyaman untuk penghuninya. Nah, lalu bagaimana cara merancang dapur terbuka di rumah ? Berikut tips yang dapat dilakukan untuk merancang dapur terbuka, antara lain :

Perhatikan Sirkulasi Udara

Sirukulasi udara di dalam rumah sangat penting, agar oksigen di luar dapat masuk ke dalam rumah. Apalagi sirkulasi udara di dalam dapur. Sebaiknya perhatikanlah sirkulasi udara di dapur jika ingin merancang konsep dapur terbuka. Buatlah sirkulasi udara yang baik, agar bau masakan yang ada di dapur tidak akan menyebar ke ruangan lainnya.

Sesuaikan dengan Penataan Ruangan

Memiliki dapur dengan rancangan dapur terbuka memang lebih menyenangkan dibandingkan dengan rancangan dapur biasa. Namun sebaiknya sesuaikanlah dengan penataan ruangan lain yang akan dikaitkan dengan dapur. Kesesuaian ruangan tersebut akan membuat setiap ruangan menjadi lebih terlihat serasi. Selain itu, pilihlah warna yang pas antara dapur dengan ruangan lainnya, agar setiap ruangan menjadi lebih menyatu.

Menjaga Kebersihan

Sebagus apapun rancangan dapurnya, tetapi jika dapurnya kotor tentu akan mengurangi keindahan dari dapur tersebut. Menjaga kebersihan di rumah dan utamanya di ruangan dapur merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Apalagi jika rancangan dapurnya berbentuk dapur terbuka yang dapat terlihat langsung dari ruangan di sekitarnya. Tentunya tidak akan menarik lagi jika dapur di rumah tidak bersih.

Sesuaikan dengan Peralatan

Dapur yang terbuka tentu akan terlihat lebih luas dibandingkan dengan dapur biasa. Sebaiknya agar dapur dan ruangan lain sesuai, gunakanlah peralatan yang cocok untuk dapur terbuka. Peralatan yang terbuat dari stainless stell dapat menjadi referensi untuk dapur terbuka. Stanless stell merupakan peralatan dapur yang sangat cocok digunakan di dalam dapur terbuka, karena dapat memantulkan cahaya sehingga akan membuat dapur terlihat lebih luas lagi.

 

Memiliki dapur dengan rancangan dapur terbuka tentu akan sangat menyenangkan. Selain ruangan terlihat besar, dapur terbuka juga akan membuat hubungan anggota keluarga menjadi akrab. Agar terlihat lebih indah, ada baiknya untuk memberikan berbagai peralatan yang menarik dan cocok untuk dapur dengan rancangan terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *