Untung Rugi Kredit KPR Flat dan Floating

Saat ini harga rumah sangatlah mahal. Apalagi rumah-rumah yang berada di area perumahan. Harga rumahnya bisa mencapai dua kali lipat dari rumah-rumah biasa yang ada di luar perumahan. Cara yang tepat untuk mendapatkan rumah tersebut adalah dengan mencicilnya menggunakan KPR dari bank. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan KPR dari bank, sebaiknya carilah banyak informasi mengenai sistem yang dilakukan dengan KPR. KPR biasanya akan memberikan berbagai fasilitas kepada yang berminat, tetapi KPR juga akan memberikan suku bungan yang cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa dalam sistem KPR, terdapat dua jenis suku bunga yaitu suku bunga flat dan suku bungan floating. Masing-masing suku bunga tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Agar mendapatkan banyak keuntungan, berikut penjelasan mengenai suku bunga flat dan suku bunga floating yang perlu diketahui :

 

Untung Rugi KPR Rumah Suku Bunga Flat

Sebenarnya suku bunga flat merupakan suku bunga yang memiliki sistem perhitungan yang berpedoman pada pokok utang di setiap awal pembayaran KPR. Suku bunga flat akan memberikan hitungan yang sama antara porsi dan pokok tiap angsurannya. Sehingga sampai nanti batas waktu pinjaman selesai, tidak akan ada perubahan antara porsi dan pokok pada tiap angsuran yang dibayarkan.

Keuntungan dari suku bunga flat yaitu sistem yang diterapkan. Sistem yeng diterapkan berupa tingkat bunga yang tetap dan pasti, sehingga dengan sistem tersebut seseorang yang memiliki pinjaman KPR akan membayar biaya angsuran dengan biaya yang sama hingga masa pinjaman habis. Hal tersebut akan memudahkan untuk memperhitungkan keuangan yang akan dibayarkan tiap bulannya.

Selain banyaknya keuntungan yang didapat, suku bunga flat juga memiliki kekurangan. Tingkat bunga yang ditetapkan dengan pasti selain membawa keuntungan juga membawa kerugian. Jika terjadi penurunan suku bunga, maka suku bunga floating yang tingkat bunganya pasti tidak akan memberikan penurunan terhadap suku bunga yang ditetapkan, sehingga nasabah yang memilih suku bunga float tidak dapat merasakan keuntungan dari penurunan tingkat suku bunga yang telah terjadi. Selain itu adanya kepastian mengenai tingkat suku bunga, membuat nilai angsungan menjadi lebih tinggi dibandingkan suku bunga yang lainnya.

 

Untung Rugi KPR Rumah Suku Bunga Floating

Berbeda dengan suku bunga flat yang tingkat suku bunganya pasti, suku bunga floating memiliki tingkat suku bunga yang tidak tetap dan cenderung sering berubah. Perubahan tingkat suku bunga tersebut dipengaruhi oleh pergerakan suku bunga di pasaran.

Keuntungan suku bunga floating adalah jika tingkat suku bunga di pasaran turun, maka biaya pembayaran cicilan akan menurun. Namun kekurangannya jika tingkat suku bunga di pasaran naik, maka pembayaran cicilan juga akan naik.

 

Sebelum memutuskan bunga KPR yang akan dipilih, sebaiknya mencari banyak informasi mengenai suku bunganya. Pastikan juga kondisi keuangan yang dimiliki, agar tidak memberatkan dikemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *